Experimental Print Design #1: Visual Karya, Konsep Ide dan Teknik Cetak

Experimental Print Design adalah sebuah mata kuliah elective dari program studi DKV New Media, School of Design Binus University, dimana mahasiswa DKV Binus dari Bandung dan Malang dapat memilih mata kuliah ini sebagai konsentrasi peminatannya. Mata kuliah yang difokuskan pada eksplorasi teknis cetak, ukuran dan media cetak bagi mahasiswa/i disetiap tugas-tugas mandirinya. Hal ini dapat kita lihat pada contoh karya-karya mahasiswa/i sebagai berikut;

Karya pertama ini merupakan Tugas Mandiri 1 dalam kelas Experimental Print Design Program DKV New Media dari Felisitas Elisha Dominique yang mengangkat konsep tentang redesain poster untuk fanbase yang menggambarkan salah satu visual penyanyi barat, Ariana Grande, yang disertai dengan beberapa judul lagunya yang paling terkenal. Karya ini dicetak dimedia kertas canson watercolor 300 gsm berukuran A3.

Karya Eksperimental Poster Felisitas menggabungkan beberapa teknik cetak dari risography, screen printing dan linocut. Teknik cetak risography diterapkan oleh Felisitas pada bagian background berwarna merah muda dan oranye, serta diterapkan pula pada foto sosok Ariana Grande berwarna biru. Sedangkan teknik cetak linocut dan screen printing Felisitas terapkan pada teks yang ada dalam poster tersebut. Karya ini menerapkan teknik cetak overprint dimana setiap teknik dicetak menumpuk diatas teknik cetak lainnya.

Karya kedua berikutnya merupakan Tugas Mandiri 1 dalam kelas Experimental Print Design Program DKV New Media dari Isabelle Wijayaputri yang mengangkat konsep tentang redesain poster music dari Artis Korea Stray Kids dengan judul lagu “Mixtape: Time Out”. Lagu dengan genre punk-rock. Lagu ini menjelaskan tentang sebuah liburan bernuansa musim panas, positif, dan energetik. Pesan yang ingin disampaikan dari lagu ini adalah “Let’s the stress fly away”, yang mengajak kita untuk tidak khawatir akan hari esok dan have some fun right now. Karya ini dicetak dimedia kertas watercolor 300 gsm berukuran A3.

Karya Eksperimental Poster Isabelle menggabungkan beberapa teknik cetak dari risography, dan linocut. Teknik cetak risography diterapkan oleh Isabelle pada bagian background berwarna biru, hijau dan oranye. Sedangkan teknik cetak linocut Isabelle terapkan pada teks yang ada dalam poster tersebut. Karya ini menerapkan teknik cetak knocout dimana setiap teknik dicetak tidak menumpuk diatas teknik cetak lainnya.

Karya ketiga selanjutnya ini merupakan Tugas Mandiri 1 dalam kelas Experimental Print Design Program DKV New Media dari Stella Feliciana yang mengangkat konsep tentang redesain poster film Sneakerella. Sneakerella merupakan spin-off dari film klasik Disney, Cinderella, yang menceritakan tentang seorang desainer muda berbakat yang menyembunyikan kemampuannya. Secara keseluruhan, film ini menonjolkan kesan street-style yang dapat dilihat dari segi fashion dan penataan latar. Ada juga perpaduan antara motion graphic dan live action yang menoonjolkan kesan casual dalam film ini. Kedua nilai yang tidak terlalu terlihat dalam poster film sesungguhnya sehingga akan lebih ditonjolkan dalam redesain poster film tersebut. Karya ini dicetak dimedia kertas canson watercolor 200 gsm berukuran A3.

Karya Eksperimental Poster Stella menggabungkan beberapa teknik cetak dari risography, screen printing dan linocut. Teknik cetak risography diterapkan oleh Stella pada bagian background berwarna merah muda, hijau, oranye dan kuning. Teknik screen printing hanya diterapkan oleh Stella pada bagian sepatu yang digenggam tangan dengan style raster titik. Sedangkan teknik cetak linocut diterapkan pada visual burung dan ikon kilat yang ada dalam poster tersebut. Karya ini menerapkan kombinasi teknik cetak overprint dan knockout dimana setiap teknik dicetak menumpuk diatas teknik cetak lainnya dan ada sebagian yang dicetak tidak menumpuk diatas cetakan lainnya.

 

 

Emmanuel Putro P