FnB (Fresh n’ Brite) Virtual Multi-Campus Exhibition 2021

Fresh n’ Brite (Fn’B) adalah perayaan tahunan yang diadakan oleh Fakultas School of Design Binus University yang berisikan kegiatan pameran karya-karya desain terbaik dari mahasiswa, diskusi seputar dunia desain, workshop serta sebagai ajang penghargaan karya-karya terbaik dari mahasiswa Fakultas School of Design Binus University. Kegiatan pameran Fresh n’ Brite (Fn’B) 2021 kali ini menampilkan 45 karya-karya terbaik Tugas Akhir dari 9 Program yang ada di School of Design, Binus University dibeberapa kota di Indonesia. Ke-9 Program tersebut adalah DKV Binus (Bandung), Desain Interior Binus (Bandung), DKV Binus (Malang), Desain Interior Binus (Malang), Desain Interior Binus, DKV Animasi Binus, DKV New Media Binus, DKV Creative Advertising Binus, dan Jurusan Film Binus yang dilakukan secara daring. Setiap masing-masing Jurusan mengajukan 5 karya mahasiswa terbaiknya dalam pameran Fn’B kali ini.

Proyek pameran ini ingin menunjukan eksistensi mahasiswa Fakultas School of Design Binus University yang tetap berkarya dan memberikan semangat melalui kesegaran visual pada masyarakat di era pandemi yang masih terus berlangsung hingga saat ini. Eksistensi tersebut ditunjukan dengan daya tahan, antusias serta proses adaptasi mahasiswa desain terhadap situasi pandemi dalam proses selama pembelajaran daring. Daya tahan, antusiasme serta proses adaptasi tersebut kami asosiasikan sebagai sebuah GRIT atau “Bravery and strength of character” (Cambridge Dictionary). GRIT inilah yang kemudian menjadi sebuah dasar ide yang dingakat pada Pameran Daring Fresh n’ Brite (Fn’B) 2021 kali ini.

Meskipun demikian, ungkapan tersebut bukanlah sekadar jargon yang diangkat untuk menjahit keseluruhan karya-karya mahasiswa dari beberapa Program yang ada di Facultés School of Design Binus University. Namu menjadi sebuah momentum bagaimana mahasiswa desain mampu tetap produktif melahirkan karya-karya yang optimal di era pandemi yang serba terbatas ini. Kemampuan dalam membentuk sebuah karya dengan pendekatan literasi konsep, explorasi visual, pemilihan medium serta proses eksekusi teknis yang dilakukan secara utuh, unik, dan orisinal menjadi penentu akhir kekuatan setiap karya desain yang diciptakan oleh mahasiswa.

Pada akhirnya, kembali pada tujuan awal yang hendak dicapai oleh proyek ini adalah ingin menunjukan GRIT mahasiswa Fakultas School of Design Binus University melalui 45 karya-karya terbaik dari 9 Program yang disajikan dalam bentuk Pameran Daring Fresh n’ Brite (Fn’B) 2021.Tanpa mengurangi rasa hormat, kesegaran, keunikan dan nilai keorisinalan karya- karya yang disajikan ini, kami dengan kerendahan hati masih memerlukan pendapat / feedback berupa saran dan kritik dari sudut pandang praktisi dan industri desain agar kedepannya dapat memicu munculanya karya-karya desain yang lebih segar, unik dan otentik dari seita luluasan Fakultas School of Design Binus University dalam menjawab persoalan-persoalan yang ada. Selamat menikmati dan mengapresiasi.

Emmanuel Putro Prakoso, S.Sn., M.Sn