People Innovation Excellence

OLAH DIGITAL EFEK FOTO SATU WARNA MENGGUNAKAN APLIKASI PHOTOSHOP CS6

Proses Olah Digital Foto

  1. Mempersiapkan foto/ image yang akan digunakan. Tampilkan foto yang akan diolah menggunakan software Photoshop CS6. Foto yang akan digunakan sebaiknya memilki latar belakang berwarna putih. Bila latar belakang memiliki gambar, dapat dihapus menggunakan eraser tools sampai mendapatkan latar belakang gambar menjadi putih.

1

gambar 1. Gambar yang akan dipakai

2. Langkah berikut adalah mempersiapkan gambar untuk efek 1 warna. Pilih treshold pada menu image – adjustment – treshold.

2

gambar 2. Langkah efek treshold

Setelah jendela treshold muncul. Efek treshold dapat diatur menggunakan slider dengan cara menggeser. Bila slider digeser ke kanan, akan terlihat detail gambar semakin pekat dan bila digeser kekiri detail gambar akan semakin menipis hingga hilang. Atur sedemikian rupa sehingga gambar tidak memiliki efek noise yang berlebihan.

3

gambar 3. Jendela treshold

4

gambar 4. Hasil efek treshold

3. Langkah selanjutnya adalah menghaluskan gambar dengan menggunakan diffuese pada menu Filter.

5

gambar 5. Langkah diffuse filter 1

Setelah jendela diffuse muncul. Pilih menu anisotropic dan tekan ok

6

gambar 6. Langkah diffuse filter 2

7

gambar 7. Hasil langkah diffuse

 4. Setelah mendapatkan hasil dari filter diffuse, dapat dilihat gambar menjadi lebih halus. Namun, dalam keadaan tertentu masih tidak sempurna dan meninggalkan sedikit detail kecil yang tidak dapat tercetak secara sempurna di dalam proses cetak sablon. Oleh karena itu, detail kecil yang mengganggu harus dibersihkan. Dapat menggunakan cara lain untuk menghaluskan gambar dengan cara menggunakan menu unsharp mask pada menu

8

gambar 8. Menu Unsharp mask

9

gambar 9. Pengaturan unsharp mask

Dalam menu pengaturan unsharp mask, dapat diatur sesuai dengan kebutuhan agar detail gambar dapat diminimalisir untuk penggunaan dalam cetak sablon. Bila hasilnya dirasa masih kurang bersih, detail kecil dapat dihapus dengan menggunakan tools eraser.

10

gambar 10. Gambar hasil 1 warna

Gambar satu warna ini dapat digunakan sebagai bahan film cetak saring untuk t-shirt dan lainnya


Published at :
Written By
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close