People Innovation Excellence

Perancangan Komunikasi Visual Publikasi Buku Melajang Bukan Menjalang

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk menyajikan eksplorasi desain komunikasi visual dengan ilustrasi dan digital imaging tentang bagaimana berstatus lajang dan masih bersenang-senang di beberapa kesempatan seperti Hari Valentine, pernikahan, dan wisuda. Hari-hari tersebut dikatakan sebagai teror bagi para lajang, terutama di usia 20-an. Mereka cenderung terlalu memikirkan tentang status hubungan mereka secara berlebihan dan melihat hal tersebut sebagai sesuatu yang memalukan. Bahkan, ada beberapa jasa layanan penyewaan pacar palsu bagi mereka yang butuh pasangan (palsu) pada hari pernikahan, wisuda, atau hanya untuk kencan biasa atau makan malam. Ketika seseorang bisa melihat hal tersebut sebagai peluang bisnis, berarti ada banyak tuntutan mengenai hal tersebut, yang mana membuktikan pernyataan tentang status single yang masih dilihat sebagai sesuatu yang memalukan atau buruk. Oleh karena itu, para anak muda sia 20-an perlu dididik dengan cara yang bersahabat dan menyenangkan bahwa melajang hanya fase yang harus dinikmati, bukan untuk dipikirkan secara berlebihan, tetapi tidak ada banyak buku panduan untuk anak muda yang tidak statis dan membosankan atau khusus berbicara tentang masalah seperti ini. Jadi setelah melakukan beberapa penelitian, sampailah pada simpulan yang menghasilkan sebuah buku panduan dan aktivitas 15×15 cm yang menjelaskan bagaimana berstatus lajang dan masih bersenang-senang di beberapa kesempatan seperti Hari Valentine, pernikahan, dan wisuda dengan ilustrasi warna-warni dan desain yang interaktif sebagai visual utama yang disampaikan dengan cara satir dan lucu. (A)

KeywordInteraktif, Ilustratif, Lajang, Dinamis, Dapat dibawa kemana-mana

DESKRIPSI PROYEK

Proyek Tugas Akhir ini merupakan sebuah perancangan komunikasi visual publikasi buku berjudul “Melajang Bukan Menjalang”, yang merupakan buku panduan dan aktivitas berukuran 15×15 cm yang menjelaskan bagaimana cara berstatus lajang namun masih bisa bersenang-senang di beberapa kesempatan seperti Hari Valentine, pernikahan, dan wisuda. Disajikan dengan ilustrasi warna-warni dan desain yang interaktif sebagai visual utama yang disampaikan dengan cara satir dan lucu, diharapkan selain menghibur, buku ini dapat memberikan sebuah pandangan positif mengenai status lajang.

afifah-1

afifah-2

Gambar 1 Cover Buku

Sumber: Afifah Anindya Pradita

afifah-3

Gambar 2 Halaman Divider

Sumber: Afifah Anindya Pradita

afifah-4

Gambar 3 Halaman Divider Perbab

Sumber: Afifah Anindya Pradita

afifah-5

Gambar 4 Beberapa Ilustrasi

Sumber: Afifah Anindya Pradita

afifah-6

Gambar 5 Beberapa Halaman Isi

Sumber: Afifah Anindya Pradita


Published at :
Written By
Afifah Anindya Pradita
Student | SoD - New Media
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close