People Innovation Excellence

PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL PUBLIKASI BUKU TUTORIAL HAND LETTERING DAN KALIGRAFI

ABSTRAK

Tujuan penelitian adalah memberikan keuntungan dan manfaat positif dari kaligrafi kepada para remaja dan dewasa muda, melatih karakter remaja untuk menjadi orang yang lebih baik tanpa bersifat menggurui dan seru, serta memperkenalkan kaligrafi kepada para remaja dewasa, bahwa kaligrafi dan hand lettering bukanlah sesuatu yang sangat sulit untuk dikuasai. Metode perancangan menggunakan strategi kreatif yang menyasar remaja hingga dewasa muda sebagai sasaran pasar yang baru dan utama. Perancangan disesuaikan dengan strategi visual dan desain yang mengadaptasi gaya desain yang modern dan ramah untuk remaja dan dewasa muda. Semua itu diaplikasikan ke dalam publikasi buku tutorial kaligrafi yang disesuaikan dengan target yang ada.     Hasil perancangan menunjukkan kesesuaian antara nilai dan tujuan penelitian dengan tema yang unik namun tetap relevan. (S)

Kata Kunci : publikasi buku, kaligrafi modern, tutorial guide

PENDAHULUAN

Dalam era modern ini, para remaja akhir, khususnya pelajar sekolah, mengalami siklus belajar yang padat. Hari-hari mereka kebanyakan hanya diisi dengan kegiatan belajar, dan kurang akan masa-masa istirahat, dan melakukan hal yang mereka senangi. Perkembangan teknologi pun berkembang dengan pesat. Teknologi merajalela. Orang-orang dapat dengan mudah mendapat akses ke informasi baru dengan cepat dan aktual dengan internet. Karena itu pula, remaja-remaja akhir tersebut mengalami kejutan informasi melalui internet. Mereka kehilangan proses manual, yang di mana adalah proses yang sangat penting dalam perkembangan mereka. Menulis, membaca, belajar untuk membuat dapat memberikan mereka sikap yang sabar, penuh pertimbangan dalam melakukan sesuatu, tidak sembarangan, sehingga membuat mereka menjadi lebih bijaksana. Beberapa metode melatih manual yang baik seperti belajar membaca buku, memasak, fotografi, menggambar, melukis, dan salah satunya adalah kaligrafi. Kaligrafi memiliki kekhasan dan keunikan yang dapat memberikan manfaat lebih yang tidak dapat ditemukan dalam hal lain.

TUJUAN

Tujuan penelitian ini adalah merancang sebuah buku yang memberikan keuntungan dan manfaat positif dari kaligrafi kepada para remaja dewasa, melatih karakter remaja dewasa untuk menjadi orang yang lebih baik tanpa bersifat menggurui dan seru, memperkenalkan kaligrafi kepada para remaja dewasa, bahwa kaligrafi dan hand lettering bukanlah sesuatu yang sangat sulit untuk dikuasai.

METODE PENELITIAN

Metode pencarian data yang Penulis lakukan adalah :

  1. Studi Literatur

Mencari data, pengetahuan dan insight dari buku maupun artikel.

  1. Pencarian bahan dari Internet

Melihat perkembangan keadaan sosial saat ini melalui media-media dari internet. Mencari data mengenai karya-karya kaligrafi, maupun tutorial kaligrafi dan hand lettering.

  1. Wawancara dengan narasumber

Penulis melakukan wawancara dengan berbagai narasumber Cosmas Adrian, seorang kaligrafer muda yang menjadikan kaligrafi dan hand lettering menjadi sebuah jalan karir.

HASIL DAN BAHASAN

Konsep visual publikasi buku tutorial ini adalah mengajarkan bagaimana cara mempelajari kaligrafi melalui visual yang berwarna, menyenangkan, dan juga menarik. Pembaca juga dapat mendapatkan sisi positif dari kaligrafi yang telah dijelaskan di dalam publikasi buku. Kaligrafi dapat dengan mudah dipelajari oleh siapa saja dan di mana saja, sehingga publikasi buku ini dapat menjadi acuan bagi pemula yang hendak mencoba mempelajari kaligrafi dan handlettering.

Publikasi buku ini dibawakan dengan gaya buku jurnal. Ditargetkan untuk pangsa remaja dewasa, umur 18-21 tahun. Menggunakan keyword fun, kreatif, unik.

Tipografi utama buku ini menggunakan font script. Script yang digunakan adalah Kalam untuk setiap bagian buku. Beberapa tulisan script yang ada, ditulis dengan tangan dan diproses menjadi vector digital. Huruf-huruf script ini menggambarkan kesan pribadi yang cukup kuat, dan bagaimana sisi privasi seseorang menjadi penting dalam proses belajar.

Warna-warna yang digunakan adalah kombinasi antara 4 warna cerah. Kombinasi warna cerah tersebut menunjukkan nilai-nilai yang dapat mewakili pengetahuan dan proses belajar. Berikut warna-warna yang digunakan yang memiliki makna masing-masing:

  • Biru : Pengetahuan, pelajaran, tenang
  • Hijau : Tingkat mudah, nyaman, ringan
  • Kuning : Tingkat sedang, senang, ceria
  • Merah : Tingkat sulit, keras, penuh perhatian

SIMPULAN DAN SARAN

Kaligrafi memang dapat menjadi jalur untuk berkreasi, dan juga sebagai terapi yang dapat digunakan untuk membentuk perilaku dan temperamen remaja dewasa. Kaligrafi juga dapat dibawakan dengan gaya yang menyenangkan dan menarik.


Published at :
Written By
Shendy Subroto
Student | SoD-New Media
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close