People Innovation Excellence

PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL PUBLIKASI BUKU MENDETEKSI KEBOHONGAN

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi dan menyajikan sebuah komunikasi visual mengenai bagaimana mendeteksi kebohongan orang lain yang menggunakan ilustrasi kartun sebagai gaya penyajiannya. Metode perancangan menggunakan strategi kreatif, dengan memilih kalangan dewasa muda dan mahasiswa sebagai sasaran utamanya. Metode penelitian ini diperoleh dari pengumpulan data yang diambil dari berbagai sumber, seperti buku-buku referensi, pencarian internet, serta wawancara dengan psikolog sebagai narasumber. Dari data yang didapatkan menunjukkan bahwa sebuah kebohongan dapat muncul di situasi apapun, dan kebohongan juga dapat memberikan dampak yang negatif. Simpulan dari tugas akhir ini adalah menciptakan sebuah buku yang tidak hanya informatif, namun juga menarik secara visual dan menyenangkan untuk dibaca.

Kata Kunci: Keseharian, Ringan, Peka, Muda

PENDAHULUAN

Umumnya manusia sudah mulai diajarkan untuk berkomunikasi dan melakukan interaksi sosial sejak masih anak-anak. Salah satu hal terpenting dalam melakukan interaksi sosial serta menjalin hubungan yang baik dengan sesama adalah dengan memiliki karakter, sikap, dan perilaku yang baik serta tidak merugikan orang lain. Salah satunya adalah dengan bersikap jujur. Namun pada kenyataannya, kejujuran bukanlah hal yang dapat dipertahankan di setiap saat. Bahkan tak bisa dipungkiri bahwa di dalam aktivitas sehari-hari, kita semua sebagai manusia pasti pernah berbohong ataupun menjadi korban dari kebohongan tersebut atas alasan yang bermacam-macam. Dan sebuah kebohongan terkadang dapat membawa dampak yang negatif bagi kehidupan sehar-hari, seperti munculnya emosi-emosi negatif hingga berujung pada rusaknya suatu hubungan. Maka dari itu diperlukan sebuah solusi kreatif yang dapat membantu masyarakat dalam mengatasi hal tersebut dan meminimalisir kerugian-kerugian yang mungkin terjadi. Rumusan masalah dari proyek tugas akhir ini adalah Bagaimana merancang sebuah media komunikasi visual publikasi buku yang informatif, mudah dicerna, menarik secara visual, memberi hiburan serta dapat memberikan nilai-nilai yang bermanfaat kepada pembaca.

TUJUAN

Tujuan dari proyek tugas akhir ini adalah:

  • Memberikan wawasan dan pengetahuan kepada anak muda seputar kebohongan yang sering terjadi di kehidupan sehari-hari.
  • Memberikan panduan mengenai cara mendeteksi tanda-tanda adanya suatu kebohongan dengan memperhatikan keadaan sekitar.
  • Memberikan bekal kepada masyarakat khususnya anak muda agar dapat terhindar dari kebohongan yang mungkin dapat merugikan.
  • Membuat sebuah komunikasi visual buku yang menarik, informatif, memberikan hiburan dan menyenangkan untuk dibaca.

METODE PENELITIAN

Metode penelitian yang penulis lakukan dalam perancangan proyek tugas akhir ini adalah:

  • Pencarian data dan teori melalui buku-buku literatur dan bahan dari internet yang terkait dengan kebohongan.
  • Melakukan wawancara dengan narasumber terkait, yaitu Adib Setiawan, M.Psi dan Della, M.Psi, Psikolog. Selaku psikolog yang membantu menjelaskan banyak hal seputar topik Tugas Akhir penulis.
  • Melakukan survey dan menyebarkan kuesioner.

HASIL DAN BAHASAN

Konsep dari perancangan proyek Tugas Akhir ini adalah membuat buku dengan mood yang Fun, dinamis, dan Youthful yang sesuai dengan targetnya yaitu anak muda. Buku ini dirancang agar dapat memberikan informasi, hiburan, serta kedekatan kepada para pembaca, sesuai dengan Big Idea nya yaitu “Kepekaan dalam Keseharian”.

Dalam hal visual, penulis berkomunikasi dengan menggunakan ilustrasi bergaya kartun. Hal ini dilakukan untuk memberikan nuansa yang menyenangkan dan ringan agar dapat sesuai dengan target pasarnya. Selain itu gambar dengan menggunakan style kartun dapat menjadi gambar yang ikonik sehingga mudah diingat dan dekat dengan pembacanya. Skema warna yang penulis gunakan pun juga merupakan warna-warna yang cerah dan dengan tingkat saturasi yang tinggi, tujuannya adalah agar dapat mempertahankan nuansa yang muda, aktif dan menyenangkan.

Tipografi yang digunakan oleh penulis adalah jenis typeface ­sans serif dan handwritten, yaitu typeface Salsa, Hannotate, dan Cheeze Pizza untuk membangun kesan yang santai, ringan dan dekat dengan keseharian. Sedangkan gaya bahasa yang digunakan dalam buku ini adalah gaya bahasa yang tidak baku dan non-formal. Hal ini sengaja dilakukan agar lebih dapat mudah dicerna dan dipahami oleh anak muda di usia 18-23 tahun yang sebagian besar berprofesi sebagai mahasiswa.

Buku publikasi ini di desain dengan ukuran 17×20 cm dalam bentuk Portrait. Ukuran ini dirancang tidak terlalu besar agar dapat mudah dibawa kemana saja, namun juga tidak terlalu kecil agar masih dapat dibaca dengan nyaman. Bahan yang digunakan adalah kertas Art Carton 310 gram untuk bagian Cover, dan Matte Paper 150 gram untuk bagian isi. Serta Finishing dengan menggunakan jilid lem agar dapat dibuka dengan mudah dan nyaman.

leo-1

leo-2

leo-3

leo-4

leo-5

leo-6

leo-7

Dalam proses pembuatan buku ini, dibuat juga item-item pendukung yang digunakan baik dalam hal promosi seperti poster, flyer, x-banner. Ataupun digunakan sebagai merchandise seperti Kaos, pin, stiker, T-Shirt.

leo-8

KESIMPULAN

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dalam penyusunan laporan Tugas Akhir ini, dapat disimpulkan bahwa sebuah kebohongan bisa terjadi kapanpun dan dimanapun, serta dapat membawa dampak yang negatif. Maka dari itu dalam Tugas Akhir ini penulis membuat sebuah perancangan komunikasi visual publikasi buku mendeteksi kebohongan yang dikemas dengan visual yang menarik dan memberi hiburan bagi para pembaca khususnya kalangan anak muda yang menjadi sasaran utama dari proyek ini. Visual yang digunakan dalam buku ini adalah gaya ilustrasi kartun yang menggunakan elemen-elemen organik agar memberikan kesan yang menyenangkan, dinamis, playful dan tidak kaku. Serta didukung juga dengan elemen-elemen visual lainnya seperti tipografi dan warna yang diatur hingga menciptakan suatu desain yang menarik dan harmonis.


Published at :
Written By
Leonardo Julio Pratana
Student | SoD-New Media
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close