People Innovation Excellence

Tugas Komputer Grafis I : Robot

florencia irena

Konsep

Sejak awal, saya memang ingin membuat robot yang memiliki karakteristik hewan. Tetapi bukannya robot besar yang membawa senjata super canggih, saya ingin membuat desain robot dengan warna cerah dan nuansa yang playful. Saya berpikir seekor monyet adalah hewan yang cukup mewakili deskripsi ini dan memutuskan untuk merancang sebuah robot monyet berwarna jingga, lengkap dengan ekor panjang dang cengiran iseng. Bagian lengan dan kaki robot tersebut saya gambarkan seakan terbuat dari bahan yang fleksibel agar gerak-gerik robot ini lincah seperti monyet. Wajah robot ini juga memiliki eskpresi yang dapat berubah-ubah (bentuk matanya tampil pada permukaan menyerupai layar digital) dan di atas kepalanya terdapat akuarium kaca kecil berisi tunas tanaman. Robot ini juga memiliki sepuluh jari tangan dan kaki seperti manusia sehingga memudahkannya menggenggam barang, melompat, dan memanjat pohon. Saya membayangkan robot ini bekerja dengan energi matahari dan biasa digunakan sebagai teman bermain sekaligus pengawas bagi anak-anak kecil.

Sejarah Pengerjaan

Tugas mandiri ini adalah tugas pertama mata kuliah Komputer Grafis I. Kami diminta untuk mendesain sebuah robot yang nantinya akan di-tracing dan diwarnai secara digital menggunakan program Adobe Illustrator.

Pertama-tama kami diberi tugas untuk brainstorming dan membuat rancangan robot. Karena merasa kurang familiar dengan merancang robot, saya mengobservasi desain robot dari banyak referensi, mulai dari robot-robot besar seperti “Gundam” dan robot-robot kecil seperti tokoh-tokoh robot pada film kartun “Wall-E”. Pada akhirnya saya memilih untuk mendesain robot yang memiliki karakteristik seekor monyet. Desain ini diasistensi oleh para dosen dan saya diberi beberapa arahan untuk memodifikasi beberapa bagian dari anatominya hingga akhirnya mendapat konfirmasi.

Sketsa robot yang sudah jadi ditebalkan outlinenya dengan drawing pen lalu di-scan menjadi file digital dalam komputer. Sketsa digital tersebut saya buka di program Adobe illustrator untuk di-tracing. Tools yang saya gunakan dalam pengerjaan tugas ini adalah Shape Tool (untuk outline) dan Gradient Tool (untuk pewarnaan). Kebanyakan shape yang digunakan adalah Ellipse Tool dan Rounded Rectangle Tool . Kedua shape tersebut banyak dimodifikasi lagi menggunakan Direct Selection Tool agar sesuai dengan goresan outline aslinya. Warna yang digunakan adalah bemacam-macam gradasi dari coklat tua sampai jingga kekuningan. Warna tambahan lainnya adalah hijau, pink, putih, dan gradasi warna abu-abu.

Pengerjaan tugas ini memakan waktu 2 hari (sehari untuk tracing outline dan sehari untuk pewarnaan). Setelah selesai, desain robot ini pun dicetak pada art paper berukuran A3.

Kesulitan

Tugas ini merupakan kali pertama saya menggunakan program Adobe Illustrator, sehingga pengerjaan tugas ini terasa sulit dan memakan waktu yang sangat lama.  Apalagi satu-satunya tools yang diperbolehkan untuk digunakan sebagai alat tracing outline adalah Shape Tool. Untungnya para dosen telah memberikan arahan yang cukup jelas di kelas, dan setelah mengutak-atik program ini selama beberapa jam, tangan saya menjadi cukup terbiasa.

Bagian tersulit dari tugas ini adalah pewarnaannya. Tubuh robot yang terbuat dari logam mengharuskan pewarnaan dengan pantulan cahaya dan bayangan dengan tingkat kontras tertentu. Tidak hanya harus konsisten dengan arah datangnya cahaya, pewarnaannya harus memperlihatkan cekungan dan cembungan agar tubuh robot tidak terlihat flat. Saya merasa kesulitan dalam menentukan lighting dan bayangan pada tubuh robot, sehingga durasi pengerjaan tugas ini menjadi lebih lama lagi.

Hasil Akhir, Output Nilai, Tanggapan

Walau saya merasa puas dengan hasil dari tugas ini, saya tidak menyangka bahwa tugas ini dapat memperoleh nilai yang cukup tinggi. Hasil tugas ini masih memiliki banyak kekurangan, namun saya merasa telah memperoleh banyak pelajaran dari tugas ini dan merasa telah mampu menggunakan program Adobe Illustrator lebih lancar dari sebelumya. Saya belajar bahwa dengan tools yang terbatas, karya yang memuaskan tetap dapat dihasilkan.

Saya belajar sengat banyak mengenai dimensi, pewarnaan permukaan logam, serta arah cahaya dan bayangan berkat pemakaian Gradient Tool untuk pewarnaan robot. Saya yang sebelumnya merasa kurang familiar dengan bentuk-bentuk robot juga merasa bangga karena berhasil merancang sebuah desain robot yang sederhana dan hasilnya sesuai dengan imajinasi saya.


Published at :
Written By
Florencia Irena Gunawan
Student | SoD - New Media
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close