People Innovation Excellence

Pemaksimalan Penggunaan Cahaya Dalam Studio Fotografi

Fotografi studio adalah jenis karya fotografi yang pada umumnya dilakukan di dalam ruangan untuk menciptakan gambar dengan tata cahaya sesuai keinginan fotografernya. Pemotretan di studio ini umumnya menggunakan pencahayaan yang di setting untuk mendapatkan cahaya yang jatuh ke objek dengan kualitas yang diinginkan oleh si fotografer.

Pada awalnya perkembangan foto studio disebabkan karena kurangnya pencahayaan, yang membuat fotografer merekayasa pencahayaan di dalam ruangan, seperti memantulkan cahaya matahari dengan pemantul besar dari jalan ke jendela, bahkan ada yang membuat studio dengan bentuk bangunan yang dirancang untuk membiarkan cahaya matahari masuk lebih banyak. Juga banyak yang menggunakan setting perlengkapan yang memang berada di luar ruangan tapi seakan-akan diatur seperti interior sebuah ruangan, yang masih banyak di temui pada banyak studio besar jaman sekarang.

http://www.buzzle.com/articles/photography-studio.html

http://www.buzzle.com/articles/photography-studio.html

Bila pemotretan outdoor, fotografer hanya perlu mengecek lightmeter dan menyesuaikan diafragma dan shutter speednya, namun bila pemotretan di dalam studio, fotografer tidak bisa langsung berkutat dengan kameranya saja, banyak hal yang harus dipersiapkan dari pengaturan lampu studio juga perlengkapan setting properti pemotretan. Pada Fotografi outdoor, fotografer bisa lebih spontan dalam berkreasi dimana sudut pengambilan mayoritas sudah apa adanya sesuai dengan lingkungan lokasi pemotretan dan juga cahayanya, semua natural seperti apa adanya, fotografer hanya bisa menambahkan cahaya bantuan dari flash atau mungkin menggunakan reflector atau pemantul cahaya untuk memaksimalkan pencahayaan dilokasi luar ruangan tadi. Selain itu, bila hendak menghasilkan karya foto senatural mungkin dalam studio, fotografer harus mengingat realitas bahwa sumber cahaya utama normalnya hanya satu, namun masih bisa diiringi cahaya pendukung yang jumlahnya lebih dari satu.

sumber : http://www.weddingritz.com/en

sumber : http://www.weddingritz.com/en

sumber : www.noobprostudio.com

sumber : www.noobprostudio.com

Namun kelebihan dari fotografi dalam ruangan atau studio yang membutuhkan usaha dalam mempersiapkan segala sesuatunya tadi, pada dasarnya bisa mendukung kekurangan yang biasanya tidak didapatkan bila fotografer memotret di outdoor. Dengan memotret dalam studio fotografer tidak perlu pusing dengan cuaca yang bisa berubah-ubah, fotografer bisa mendapatkan setting-an lampu yang sama dan konsisten kekuatannya, fotografer bisa mengaplikasikan semua ide sesuai dengan konsep awalnya, baik dari segi lokasi dan cahaya semuanya bisa diatur sesuai konsepnya. Dengan kata lain bila fotografer menguasai pemahaman mengenai sifat karakter dan kualitas cahaya, maka fotografer itu bisa membuat setting seperti apapun dalam sebuah studio.

behind the scene

behind the scene 1

behind the scene

behind the scene

Dalam prakteknya, penerapan tehnik dalam Fotografi studio banyak memberikan sumbangan dalam perkembangan di dalam dunia seni. Di antaranya memberi referensi sangat detail mengenai subjek yang dipotret. Antara lain pada saat si fotografer membagikan informasinya dengan memperlihatkan dengan detail informasi mengenai pencahayaan dalam diagram yang dalam istilah umumnya disebut lighting diagram. Informasi ini sangat berharga bagi fotografer lain sebagai salah satu bahan studi dalam membuat karya yang lain.

(http://learnmorephoto.com/flashes-speedlights-strobes-lighting/egg-photograph.php

(http://learnmorephoto.com/flashes-speedlights-strobes-lighting/egg-photograph.php

Dengan pemotretan studio ini, banyak hal yang bisa diciptakan sebagai setting dalam studio, dengan mengadaptasi tata pencahayaan yang berbeda-beda, namun dapat dikondisikan sesuai keinginan fotografernya. Efek pencahayaan sunset, efek seakan nuansa kamar tidur, atau memindahkan nuansa hutan dalam studio, pencahayaan seakan di pantai, dan banyak lagi ide lainnya, semuanya bisa diadaptasikan dalam sebuah studio.

contoh1contoh2contoh3contoh4


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close