People Innovation Excellence

Perancangan Komunikasi Visual Media Interaktif Anak Rahasia si Benih Kecil

Isu perubahan iklim yang disebabkan oleh kerusakan lingkungan membuat topik tentang melestarikan alam sangat relevan saat ini. Terdapat studi bahwa apakah seseorang mempunyai kecenderungan merusak alam atau tidak ditentukan seberapa banyak mereka berinteraksi dengan alam sejak kecil. Karena itu kecintaan terhadap alam ditanamkan pada anak-anak sejak usia dini melalui edukasi di institusi pendidikan. Di saat yang sama, teknologi dan media sedang berkembang dengan pesat banyak digunakan dalam pendidikan anak. Akan tetapi, media digital saja tidak memadai. Dari pengkajian bahwa anak membutuhkan rangsang 5 panca indera dalam proses belajar mereka, maka terbentuklah Rahasia si Benih Kecil.

port1small

Rahasia si Benih Kecil adalah media interaktif yang menggabungkan konsep teknologi digital yang saat ini sedang berkembang pesat dan cara belajar konvensional yaitu dengan mempraktekkannya secara langsung. Terdapat kit untuk menanam tumbuhan serta website yang digunakan secara bersamaan untuk pembelajaran jenis tumbuhan. Kit bertujuan agar anak dapat melakukan eksplorasi secara nyata dengan menanam benih dan website untuk memberikan pengetahuan tentang tumbuhan tersebut.

port2small

Benih tidak diketahui namanya untuk mendorong anak melakukan eksplorasi. Dengan jurnal yang disediakan dalam kit, setiap minggunya anak dapat menggunakan QR Code di dalamnya untuk mengenal tumbuhan mereka secara perlahan. Di akhir pembelajaran nama tumbuhan mereka akan diberitahukan. Diharapkan melalui media interaktif ini, anak memperoleh pengalaman pembelajaran yang menyenangkan serta menumbuhkan kecintaannya terhadap alam melalui interaksi langsung yang mereka dapatkan.


Published at :
Written By
1401096061 - PRISCELLIA TAYOTO
Pembimbing: Eka Sofyan Rizal
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close