People Innovation Excellence

Perancangan Komunikasi Visual Publikasi: Tari Topeng Cirebon

Tari tradisional merupakan sebuah warisan budaya yang lekat dengan kehidupan lokal dari masyarakat setempat di bangsa ini. Bergesernya perubahan budaya dan kebiasaan pada era ini membuat tari tradisional menjadi pudar tertimbun dengan konsep kontemporer dan modern. Tari Topeng Cirebon adalah salah satu diantara tari tradisional yang memiliki nilai serta makna luhur. Di tengah redupnya Tari Topeng Cirebon di kalangan masyarakat modern, ketersediaan informasi yang minim menjadi faktor penghambat bagi kelestarian Tari Topeng Cirebon. Buku sebagai salah satu sumber informasi yang masih tetap bertahan hingga kini, diharapkan akan memberikan jawaban bagi masyarakat modern yang ingin mengenal tari tradisional Indonesia, seperti Tari Topeng Cirebon.

Small-Presentasi-untuk-Ka-James-02

Buku informatif mengenai Tari Topeng Cirebon akan di desain dengan prinsip-prinsip dasar desain dan disesuaikan pada era sekarang, dimana desain tidak akan terlihat kuno sehingga diharapkan dapat lebih meningkatkan minat baca masyarakat modern terhadap topik yang tradisional. Buku yang berjudul “PANCA WANDA : Ruang Ekspresi Tari Topeng Cirebon” ini dari segi desain akan memiliki nilai beda yaitu dengan menggunakan komposisi desain unsur tipografi sebagai unsur utama yang didukung dengan pengolahan gambar lewat fotografi. Desain yang mengutamakan komposisi tipografi ini dimaksudkan untuk memperkuat penyampaian informasi yang umumnya berupa kumpulan teks monoton kemudian akan dibuat lebih dinamis dan ekspresif namun tetap mengutamakan informasi sebagai fungsinya.

Small-Presentasi-untuk-Ka-James-01

Dengan demikian buku ini bertujuan untuk memberikan informasi mendalam mengenai Tari Topeng Cirebon yang mencatat makna serta konsep luhur dibalik tarian tersebut sehingga diharapkan masyarakat modern dapat lebih mengerti dan pada akhirnya mengapresiasi Tari Topeng Cirebon sebagai warisan budaya yang patut dilestarikan.

 


Published at :
Written By
1401116971 - STEVANUS KURNIAWAN
Pembimbing: Danendro Adi
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close