People Innovation Excellence

Kampanye Cerdas dan Kreatif

Masih dengan hangatnya nuansa kemerdekaan yang sebelumnya diwarnai oleh kemeriahan pesta demokrasi RI, pada kesempatan ini kembali mengupas tentang cerita dibalik kampanye salah satu capres; Jokowi yang ‘meledak’ di dunia sosial media. Perkenalkan Hari Prasetyo, seorang alumni jurusan Seni Rupa dari salah satu institut kota Yogyakarta, menjadi pembuat dan salah satu strategic thinker dalam kampanye cerdas dan kreatif capres Jokowi. Bersama dengan timnya dari agency Berakar, Hari Prasetyo bersama dengan Yoga Adhitrisna mencetuskan konsep yang paling tepat untuk menggambarkan Jokowi selama dia berkarya bagi Solo dan Jakarta. Keyword ‘Blusukan’ dipercaya akan memberikan efek domino yang atraktif dan interaktif di dunia digital; sosial media.

Images02

Berawal dari permintaan komunitas relawan; Jokowimania, brief proyek pro bono untuk membuat sebuah komunikasi kampanye yang positif (tanpa menjelekan kubu lain) dengan konsep yang mudah diterima semua kalangan siap diterima tim Berakar. Selain Hari dan Yoga, konsep juga dirumuskan bersama Eko Harsoselanto dan Satrio Wibowoyang secara tim, dan rumusan yang dihasilkan bersama adalah kampanye dengan media ilustrasi Jokowi blusukan bergaya komik Eropa; Tintin. Menurut Hari, gaya ilustrasi yang dipilih ini memang karena awalnya merupakan gaya gambar Hari sejak kecil, namun setelah dibedah, gaya yang terpilih ini dinilai sangat tepat dari sisi kemiripan karakter antara capres Jokowi dan Tintin; yang sederhana, banyak teman, aktif, investigatif, dan hanya manusia biasa (bukan manusia berkekuatan super). “Efek domino yang kita harapkan sungguh sangat berkembang cepat, dalam beberapa hari kita mendapat banyak pertanyaan dan tawaran untuk mengembangkan kampanye ini.” Tutur Hari.

Images01

Daya sambut kampanye cerdas dan kreatif ini juga mengundang banyak presepsi. Kambali Hari bercerita, “Banyak yang menyumbangkan ilustrasi dengan gaya sama untuk memenuhi keperluan variasi kami, dan tidak sedikit pula yang kami tolak karena berbau menjelekan kubu lawan.” Semua bergulir dengan responsif baik secara individu serta komunitas relawan lain, termasuk komunitas relawan yang bernama Kenapajokowi. Selain itu kampanye ini juga dengan cepat berhasil mengumpulkan lebih dari 600 karya untuk berpameran pada tanggal 3-5 Juli di Galeri Salihara. Untuk lebih lanjut, Hari dan tim juga akan mengeluarkan patung berukuran tinggi 40 cm serta sebuah buku tentang creative thingking kampanye dan kumpulan ilustrasi yang diproduksi dalam jumlah terbatas. Tentunya kedua langkah ini sangat ditunggu dan layak menjadi koleksi kita yang menyetujui konsep kampanye cerdas dan kreatif ini.


Published at :
Written By
James Darmawan
Subject Content Coordinator
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close