FAQ

Apa itu DKV New Media?

DKV New Media adalah salah satu cabang dari Desain Komunikasi Visual yang lebih fokus pada penggunaan media digital dan teknologi terbaru dalam komunikasi visual. Program ini mengintegrasikan elemen-elemen desain tradisional dengan inovasi digital, seperti interaktivitas dan multimedia.

Apa saja yang dipelajari di DKV New Media?

Mahasiswa akan mempelajari berbagai aspek dari desain dan komunikasi visual untuk menciptakan media yang efektif dan estetis, mulai dari pengenalan elemen dan prinsip desain, cara menggambar yang baik dan sesuai kebutuhan, mengkomunikasikan visual yang baik dan pemanfaatan software dan media-media baru sebagai pendukung penciptaan visual yang mengikuti perkembangan jaman.

Apakah Perbedaan DKV New Media dan Animasi?

Desain Komunikasi Visual (DKV) New Media dan Animasi adalah dua bidang yang berkaitan dengan komunikasi visual, tetapi mereka memiliki fokus dan pendekatan yang berbeda. DKV New Media lebih luas dan mencakup berbagai aspek media digital. Ini termasuk desain interaktif, media sosial, pemasaran digital, serta integrasi teknologi baru seperti realitas virtual (VR) dan augmented reality (AR), sedangkan animasi lebih spesifik pada teknik dan seni membuat gambar bergerak. Ini mencakup animasi 2D, 3D, stop-motion, dan efek visual. Secara singkat, DKV New Media lebih berfokus pada desain dan pengalaman digital yang interaktif, sementara Animasi lebih spesifik pada teknik pembuatan gambar bergerak dan efek visual. Kedua bidang ini bisa saling melengkapi, dan keterampilan dari salah satu area sering kali berguna dalam yang lainnya.

Apakah Perbedaan DKV New Media dengan Creative Advertising?

Desain Komunikasi Visual (DKV) New Media dan Creative Advertising adalah dua bidang yang berkaitan dengan komunikasi visual, tetapi mereka memiliki fokus dan tujuan yang berbeda. DKV New Media berfokus pada penggunaan media digital dan teknologi terbaru untuk menciptakan pengalaman interaktif dan multimedia. Ini termasuk desain antarmuka pengguna (UI), pengalaman pengguna (UX), pembuatan konten digital, dan penggunaan teknologi seperti realitas virtual (VR) dan augmented reality (AR) sedangkan Creative Advertising berfokus pada penciptaan dan strategi iklan yang kreatif dan efektif. Ini melibatkan pengembangan kampanye iklan yang menarik, mempromosikan produk atau layanan, dan mencapai tujuan pemasaran tertentu. Keduanya melibatkan kreativitas dan desain, tetapi DKV New Media lebih menekankan pada aspek teknis dan interaktif dari media digital, sementara Creative Advertising lebih berfokus pada strategi iklan dan pemasaran.

Apakah perlu memiliki bakat menggambar untuk masuk DKV New Media?

Meskipun memiliki bakat menggambar bisa sangat membantu, tapi tidak hanya kemampuan menggambar saja untuk bisa menghasilkan karya DKV yang baik. Setiap mata kuliah membutuhkan  keterampilan desain dan kreativitas secara keseluruhan seperti kemampuan berpikir kritis, kreatif, pemanfaatan media visual analog maupun digital serta kemampuan untuk menyampaikan pesan visual secara efektif.