Medium cetak Risografi menggunakan tinta berbahan dasar kedelai / beras yang mengering melalui penyerapan kertas, bukan melalui proses pemanasan mesin dan bahan kimiawi, mengurangi jejak karbon dari segi energi maupun polusi. Cetakan yang dihasilkan oleh mesin ini tidak selalu konsisten. Dibutuhkan beberapa kali pencetakan untuk membiarkan tinta mengalir ke master yang baru, dengan tumpukan warna yang kerap tidak sejajar secara presisi. Risografi sebetulnya agak merepotkan, dengan proses pengeringan tinta yang relatif cukup lama, dan harus naik cetak berkali-kali pula sesuai dengan jumlah warna yang digunakan. Meskipun demikian, kekurangan tersebut justru menjadikan hasil cetak Risografi menonjol dari metode cetak lainnya. Berwarna cerah namun bertekstur kasar sambil serba tidak presisi, Risografi mengajarkan Rafael untuk menerima ketidaksempurnaan, menjadikan yang terakhir ini juga bagian dari karakter visual rancangannya. Memang desain Rafael didominasi unsur geometris, namun itu adalah strategi sengaja untuk mengkontras-padukannya dengan bentuk-bentuk dan tekstur-tekstur organis yang serba tidak sempurna secara geometris.

Nama Perancang         : Rafael Clarence Herlino

NIM                             : 2602091255

Judul Karya                 : Embracing Imperfection

Mata Kuliah                 : Visual Making Project

Topik                            : Eco-Friendly Visual

Medium                      : Risographic Prints (Booklet)

Tahun                          : 2024