Dua karya poster yang mempromosikan risografi ini dicetak dengan teknik / media risografi yang lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan laser atau offset. Meskipun demikian, risografi memiliki batasan atau kekhasan hasil cetaknya, yaitu menggunakan sedikit warna (spot color) dan memiliki tekstur acak yang menonjol. Agar tujuan desain mempromosikan risografi dapat lebih mampu menarik dan mengajak pemirsa, perlu ditempuh strategi desain tertentu. Strategi Jocelyn adalah mendahulukan copywriting yang kuat, lalu mengkonversi pesan verbal tersebut menjadi komposisi tipografis yang dipadukan dengan gambar. Pada poster pertama, strategi visual yang ditempuh adalah pemisahan antara tipografi (yang berbunyi “think green, print clean, with riso”) yang ditata dengan grid, dengan gambar berupa montase dinamis antara figur manusia dan pepohonan. Hasil yang diharapkan dari komposisi ini adalah pesan verbal-denotatif terbaca dengan jelas, sementara gambar memperkuat pesan tersebut dengan konotasi visual. Pada poster kedua, strategi komposisi yang ditempuh adalah peleburan antara tipografi (yang berbunyi “cut the carbon with riso”), dengan gambar gunting dan obyek abstrak yang menggambarkan aliran emisi. Peleburan ini diharapkan dapat membuat pesan verbal (“cut the carbon”) tampil jauh lebih kuat karena dileburkan dengan pesan visual yakni gunting yang memotong aliran emisi. Efek visual secara keseluruhan juga mengoptimalkan cetak dua warna dan bertekstur khas risografi.

Nama Perancang         : Jocelyn Christy

NIM                             : 2602113634

Judul Karya                 : Cut the Carbon with RISO

Mata Kuliah                 : Visual Making Project

Topik                            : Eco-Friendly Visual

Medium                      : Risographic Prints (Poster)

Tahun                          : 2024