BEDA’KAN adalah singkatan dari “Bedah Desain Kemasan”, yaitu program peningkatan kualitas kemasan produk. Sesuai dengan namanya, program ini diselenggarakan untuk membantu para pelaku usaha kuliner, craft dan fashion guna mendapatkan pemahaman bagaimana mengemas produk dengan baik dan menarik. Setiap peserta program BEDA’KAN diberikan pemahaman pentingnya suatu kemasan produk. Setiap pelaku usaha diajarkan cara mendesain kemasan dengan kreatif, sekaligus mengemas produk dengan lebih menarik. Menariknya program BEDA’KAN diberikan langsung oleh para ahli branding dan desain grafis yang memang ahli di bidangnya, yaitu kolaborasi Kemenparekraf dengan ASPRODI (Asosiasi Program Studi Desain Komunikasi Visual Indonesia)

BEDA’KAN Batch 17 IKN Ibu Kota Nusantara ini diikuti oleh 25 UMKM yang sudah dikurasi dari Ibu Kota Nusantara di Kalimantan dengan 25 Desainer mahasiswa DKV dan 20 Dosen pendamping diantaranya dari DKV  Universitas Bina Nusantara (BINUS University), Universitas Kristen Petra, Universitas Multimedia Nusantara, Institut Teknologi Surabaya, Universitas Brawijaya Malang, Institut Teknologi Bandung. DKV BINUS University  diwakili oleh Mahasiswa Alam Sutera James Alexander Kusumah dengan dosen pendamping Drs. Rujiyanto, M.Sn.

Program BEDA’KAN ini berlangsung dalam 3 Level dimulai dari Level 1 pada 6-9 Mei 2024 yang berisi pemaparan dari masing-masing Brand UMKM secara hybrid dihadapan para desainer dan dosen pendamping. Pada level selanjutnya yaitu Level 2 pada 21-22 Mei 2022 para desainer mempresentasikan rancangan awal dari desain kemasan yang dikembangkan dari pemaparan Level 1. Level terakhir yaitu Level 3 pada 11 Juni 2024 desainer mempresentasikan karya final hasil dari masukan masing-masing brand dan masukan dari Pakar kemasan dan pakar desain grafis yang terlibat dari Level awal.

Saat ini program BEDA’KAN sudah berakhir dan sudah memasuki tahap pencetakan kemasan oleh pihak Kemenparekraf dimana masing-masing brand akan mendapat bantuan kemasan sebanyak 1000 set kemasan. Hasil karya wakil dari BINUS University berupa Kemasan Produk Amplang ANTARASA mendapatkan apresiasi yang sangat baik dari pemilik brand dan para pakar yang terlibat dalam acara ini. Tentu saja ini akan menjadi pengalaman yang sangat berharga buat mahasiswa dan dosen pendamping yang terlibat sebagai sebuah portofolio dan tentu sebagai karya nyata mahasiswa dan dosen dalam keterlibatannya dalam pengabdian pada masyarakat.