Visitasi ke FEDRIGONI Belajar Tentang Kertas dan Keberlanjutan

“Fedrigoni Special Papers merupakan jantung produksi beragam kertas berkualitas untuk percetakan, penerbitan, label, penjilidan buku, kemasan dan konversi kertas. Tempat di mana kami menggunakan segenap pengalaman dan pengetahuan dalam membuat lebih dari 2500 produk yang bergaya khas. Merupakan sebuah riwayat produksi (pembuatan) kertas di Italia selama 125 tahun. Sebuah kisah yang seiring berjalannya waktu, mengayomi cita-cita para desainer terbaik, membidani keunikan pada setiap ide.

Di Fedrigoni, aspek keberlanjutan selalu menjadi pertimbangan kami sejak dahulu, dan proses produksi yang berdampak lingkungan rendah tak pernah terpisahkan dari cara kerja kami.
Kami berinvestasi pada inovasi dan teknologi sehingga rangkaian produk kami semakin memenuhi kriteria ESG (Environmental Social Governance/em>).” (specialpapers.fedrigoni.com)

Dari pengalaman Fedrigoni dalam memproduksi berbagai macam kertas untuk kepentingan study Desain Komunikasi Visual, Kami Tim kecil berlima dari kelas Tugas Akhir DKV BINUS University Alam Sutera dengan didampingi pak Rujiyanto, pada Selasa, 23 April 2024, mengadakan visitasi ke Fedrigoni Indonesia di Jakarta untuk belajar tentang seluk beluk kertas, khususnya terkait kertas dan keberlanjutan/ sustainability.

Dalam pembelajaran di kantor Fedrigoni, Kami dipandu oleh mas Kristiyono Adhi yang sangat terbuka dan berpengalaman tentang kertas dan persoalan yang banyak dihadapi desainer dalam mewujudkan gagasan dengan media kertas yg ramah lingkungan baik dengan media 2D ataupun 3D seperti Packaging.