Experimental Print Design #2: Visual Karya, Konsep Ide dan Teknik Cetak

Masih melanjutkan ulasan beberapa karya mahasiswa/i ditahap ini ada beberapa karya yang akan disajikan untuk kembali dilihat dari aspek visual karya, konsep dan teknik cetaknya.

Karya pertama ini merupakan Tugas Mandiri 1 dalam kelas Experimental Print Design Program DKV New Media dari Felisha yang mengangkat konsep tentang redesain poster untuk poster acara musik idol Kpop ternama yaitu BLACKPINK. Karya ini dicetak dimedia kertas Via inen 216 gsm berukuran A3.

Karya Eksperimental Poster Felisha menggabungkan beberapa teknik cetak dari Digital Printing, screen printing dan linocut. Teknik cetak digital printing diterapkan oleh Felisha pada bagian background berwarna merah muda. Teknik screen printing hanya diterapkan oleh Stella pada bagian teks bertulisan Born Pink bewarna merah muda. Sedangkan teknik cetak linocut diterapkan pada visual potrair artis Black PINK yang ada dalam poster tersebut. Karya ini menerapkan kombinasi teknik cetak overprint dan knockout dimana setiap teknik dicetak menumpuk diatas teknik cetak lainnya dan ada sebagian yang dicetak tidak menumpuk diatas cetakan lainnya.

Link Video Proses https://www.instagram.com/reel/CmN4Xqoj-H0/?utm_source=ig_web_copy_link

 

Emmanuel Putro P