Populerkan Tren Risografi, Puluhan Poster Dipajang di M Bloc Space

oleh Tia Agnes Astuti
https://hot.detik.com/art/d-6178937/populerkan-tren-risografi-puluhan-poster-dipajang-di-m-bloc-space

Jakarta – M Bloc Space yang hadir sejak 2019 sukses menjadi ruang alternatif yang digemari generasi muda. Berbagai tempat yang diperuntukkan untuk pencinta seni, pop culture, musik, komik sampai kuliner ada di M Bloc Space, Jalan Panglima Polim, Jakarta Selatan.
Pekan ini Creative Hall M Bloc Space tengah diisi oleh gelaran DASS Phase 2.0 yang diselenggarakan oleh Connected Art Platform (CAP) dan Binus University School of Design. Di lantai dua Creative Hall, ada puluhan poster dengan warna senada yang dipajang ciamik.

Tapi bukan sembarang poster yang tengah dipamerkan. Poster-poster itu dicetak menggunakan mesin risografi, yakni teknologi cetak digital yang menggunakan mesin duplikator bernama Riso. Caranya menggabungkan antara teknik cetak sablon, fotokopi, dan offset.

Pameran seni DASS Phase 2.0 digelar di Creative Hall M Bloc Space, Jakarta Selatan. Foto: Randy Pradhana/ Hello Riso Team

“Cara kerjanya seperti mesin fotokopi tapi memakai bahan ramah lingkungan. Tintanya terbuat ada yang dari kulit kacang kedelai dan kulit besar, mesinnya juga lebih hemat listrik,” ungkap Ketua Program DKV New Mudia Universitas BINUS, Budi Sriherlambang di M Bloc Space, di sela-sela pembukaan pameran, Rabu (13/7/2022).

Puluhan poster yang dipajang, lanjut dia, dicetak menggunakan mesin riso. Budi Sriherlambang mengistilahkan karya-karya tersebut sebagai seni risografi.

Pameran Seni DASS Phase 2.0 di M Bloc Space Foto: Randy Pradhana/ Hello Riso Team

“Di Indonesia mungkin jarang ditemukan ya, atau seniman ada yang memakai teknik risografi tapi masih pakai mesin cetak versi lama,” teranganya.

Melalui pameran seni DASS Phase 2.0, pihaknya bersama Connected Art Platform ingin mempopulerkan kembali riso di Indonesia.

“Kalau bicara Hello Riso, komunitas kami sudah ada sejak tahun 1999 dan digelarnya di tempat hype seperti M Bloc Space menjadi ruang yang tepat untuk mempopulerkan lagi tren risografi,” katanya.

Pameran Seni DASS Phase 2.0 di M Bloc Space Foto: Randy Pradhana/ Hello Riso Team

Pendiri sekaligus kurator seni CAP, Mona Liem, menambahkan di pameran seni sebelumnya pada 9 April sampai 9 Mei lalu, lebih dari 400 karya seni digital di 11 negara berpartisipasi meramaikan.

“Kami ingin memberi wadah bagi para seniman untuk dikenal luas dan kesempatan berpameran pertama kali, menjadi pembuka jalan, penghubung kesempatan, menciptakan hal-hal baru, membentuk ekosistem berkesenian yang sehat,” pungkasnya.