Metaverse (2)

Apa itu kerja metaverse?

Seperti yang kami sebutkan, metaverse akan menggabungkan semua aspek kehidupan di satu tempat. Sementara banyak orang sudah bekerja dari rumah, di metaverse Anda akan dapat memasuki kantor 3D dan berinteraksi dengan avatar rekan kerja Anda. Pekerjaan Anda juga dapat dikaitkan dengan metaverse dan memberi Anda penghasilan yang dapat digunakan segera di metaverse. Sebenarnya, jenis pekerjaan ini sudah ada dengan cara yang sama.

GameFi dan model permainan untuk memberikan aliran pendapatan yang stabil bagi orang-orang di seluruh dunia. Pekerjaan online ini adalah kandidat yang sangat baik untuk implementasi metaverse di masa depan, karena mereka menunjukkan bahwa orang bersedia menghabiskan waktu mereka untuk hidup dan menghasilkan uang di dunia virtual. Game play-to-win seperti Axie Infinity dan Gods Unchained bahkan tidak memiliki dunia atau avatar 3D. Namun, prinsipnya adalah mereka dapat menjadi bagian dari metaverse sebagai cara untuk mendapatkan uang sepenuhnya di dunia online.

Contoh Metaverse

Meskipun kami belum memiliki satu metaverse tertaut, kami memiliki banyak platform dan proyek yang mirip dengan metaverse. Ini juga biasanya menggabungkan NFT dan elemen blockchain lainnya. Mari kita lihat tiga contoh:

Siaran langsung kedua

SecondLive adalah lingkungan virtual 3D di mana pengguna mengontrol avatar mereka untuk bersosialisasi, belajar, dan berbisnis. Proyek ini juga memiliki pasar NFT untuk memperdagangkan barang koleksi. Pada bulan September 2020, SecondLive menjadi tuan rumah Binance Smart Chain Harvest Festival sebagai bagian dari ulang tahun pertamanya. Pameran virtual menampilkan berbagai proyek di ekosistem BSC untuk dijelajahi dan berinteraksi dengan pengguna.

Image source : https://academy.binance.me/en/articles/what-is-the-metaverse

Axie tak terhingga

Axie Infinity adalah permainan yang memberikan pemain dari negara berkembang kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tetap. Dengan membeli atau menghadiahkan tiga makhluk yang dikenal sebagai Axies, pemain dapat mulai bertani token Smooth Love Potion (SLP). Ketika dijual di pasar terbuka, seseorang dapat memperoleh sekitar $200 hingga $1000 (USD) tergantung pada seberapa banyak mereka bermain dan harga pasar.

Meskipun Axie Infinity tidak menyediakan satu karakter atau avatar 3D, itu memberi pengguna kesempatan untuk bekerja sebagai metaverse. Anda mungkin pernah mendengar cerita terkenal tentang orang Filipina yang menggunakannya sebagai alternatif pekerjaan penuh waktu.

Image source : https://academy.binance.me/en/articles/what-is-the-metaverse

Decentraland

Decentraland adalah dunia digital online yang menggabungkan elemen sosial dengan cryptocurrency, NFT, dan real estat virtual. Selain itu, pemain juga berperan aktif dalam tata kelola platform. Seperti game blockchain lainnya, NFT digunakan untuk mewakili koleksi kosmetik. Mereka juga digunakan untuk LAND, sebidang tanah berukuran 16×16 meter yang dapat dibeli pengguna dalam game dengan cryptocurrency MANA. Kombinasi dari semua ini menciptakan ekonomi kripto yang kompleks.

Image source : https://academy.binance.me/en/articles/what-is-the-metaverse

Apa masa depan metaverse?

Facebook adalah salah satu suara paling keras untuk menciptakan metaverse terpadu. Ini sangat menarik untuk metaverse bertenaga crypto karena proyek stablecoin Diem Facebook. Mark Zuckerberg secara eksplisit disebutkan rencananya untuk menggunakan proyek metaverse untuk mendukung pekerjaan jarak jauh dan meningkatkan peluang keuangan bagi orang-orang dinegara berkembang. Kepemilikan Facebook atas media sosial, komunikasi, dan platform kripto memberikan awal yang baik untuk menggabungkan semua dunia ini menjadi satu. Perusahaan teknologi besar lainnya juga menargetkan terciptanya metaverse, termasuk Microsoft, Apple, dan Google.

Ketika data ke metaverse yang didukung oleh crypto, integrasi lebih lanjut antara marketplace NFT dan  Virtual 3D sepertinya merupakan langkah berikutnya. Pemegang NFT sudah dapat menjual barang-barang mereka dari berbagai sumber seperti OpenSea dan BakerySwap, tetapi belum ada platform 3D yang populer untuk ini. Pada skala yang lebih besar, pengembang blockchain mungkin mengembangkan aplikasi metaverse populer dengan lebih banyak pengguna organik daripada raksasa teknologi besar.

Sumber :

https://academy.binance.me/en/articles/what-is-the-metaverse