Experimental Print Design: Ajang Eksplorasi dan Ekploitasi Teknik Cetak Mahasiswa DKV Binus.

Experimental Print Design adalah sebuah matakuliah pilihan yang ada di jurusan DKV New Media, School of Design Binus University. Matakuliah yang memberikan ruang eksplorasi cetak desain pada mahasiswa untuk mencari kemungkinan-kemungkinan efek visual baru pada karya-karya yang dihasilkan.

Eksplorasi teknik cetak mulai dari yang tradisional seperti woodcut printing, stencil printing, silk screen printing, cyanotype printing hingga digital printing indigo, offset printing dan risography printing menjadi dasar pilihan mahasiswa dalam melakukan eksplorasi pada setia karya-karya yang meraka hasilkan. Penguasaan teknis cetak dan kekuatan crafting visual menjadi dua hal yang wajib dimiliki oleh mahasiswa desain yang mengambil matakuliah ini. Percampuran aset visual dari elemen ilustrasi, fotografi dan tipografi menjadi ruang bermain mahasiswa dalam membangun gagasan ide hingga final akhir disetiap karya. Kegagalan, ketidak sesuaian rancangan Final Artwork dengan hasil cetakan serta kejutan-kejutan tak terduga disetiap hasil akhir merupakan bagian dari proses pembelajaran yang berharga bagi mahasiswa DKV di jurusan New Media.

Penggabungan beberapa elemen seperti ilustrasi, fotografi dan tipografi ini sangat nampak pada tugas mandiri pertama mereka yang membuat sebuah poster bertemakan narasi personal. Dalam karya-karya poster tersebut mahasiswa jurusan New Media juga mencoba mengaplikasikan beberapa teknik cetak seperti digital printing indigo, risography, linocut, cyanotype dan screen printing. Karakteristik visual dari masing-masing karya mahasiswa yang muncul sangat unik dan personal karena mereka dibebaskan dalam memilih penggabungan pendekatan teknis cetak dalam satu karya poster tersebut.

Matakuliah ini cukup menarik untuk dipilih sebagai pendalaman terhadap keilmuan cetak sehingga mahasiswa dapat mengenal lebih dalam karakter setiap teknis cetak, medium baik jenis kertas maupun tinta cetak serta kekurangan dan keunggulan dari setiap teknis cetak yang mereka pilih.

 

Emmanuel Putro Prakoso, S.Sn., M.Sn