Review Mirrorless Canon EOS RP

Sumber gamber : https://uaestore.canon-me.com/canon-eos-rp-body-rf-24-105mm-f4-7-1-is-stm-lens/3380C153/

Saat ini memang hampir semua brand kamera mengeluarkan mirrorlessnya dan meninggalkan kamera DSLR yang dianggap besar dan berat. Termasuk juga format kamera ber sensor 35mm atau Full Frame yang saat ini pun sangat marak di pasar kamera mirrorless.

Canon sebagai salah satu pemain terbesar kamera tidak mau ketinggalan mengeluarkan kamera mirrorless Full Frame dengan harga terjangkau tapi tetap memiliki fitur yang mumpuni. Canon EOS RP adalah seri kamera bersensor Full Frame 26.2MP dan sudah dilengkapi fitur video 4K. Canon EOS RP ini adalah kamera Full Frame yang menyasar pada masyarakat yang menginginkan kamera dengan hasil gambar maksimal dengan sensor besar tetapi tetap ramah dikantong.

Untuk hasil pengujiannya, EOS RP ini yang menggunakan sensor yang sama dengan EOS 6D mark II ternyata menghasilkan gambar yang baik, dipadukan dengan lensa RF 24-105 f/4 gambar yang diambil termasuk mengesankan untuk kamera “full frame murah” . Memotret di pencahayaan minim pun sudah cukup baik, dengan ISO 100-40000,  kamera ini bisa bersaing dalam memotret low light.

Dalam review di luaran, kamera ini di review memiliki kelemahan di sektor Video, ya memang video di EOS RP tidak buruk, hanya saja kurang memiliki fitur mumpuni seperti kompetitornya. tetapi bagi yang menginginkan kamera bersensor Full Frame, tidak terlalu fokus untuk kebutuhan Video, dengan mounting R dan hasil gambar yang baik, dan harga yang terjangkau, kamera ini sudah memiliki semua nya.

Hendri Hartono,S.Sn, M.Ds