Mirrorless Camera Sudah Mengalahkan DSLR?

sumber gambar : https://digitalphotographysuccess.com/dslr-vs-mirrorless/

Kamera mirrorless belakangan ini memang secara penjualan mengalahkan kepopuleran kamera DSLR yang semakin tergerus oleh jaman. Mirrorrless dengan segala kelebihan dan kekurangannya kini menjadi pilihan bagi para fotografer baik amatir, penghobi maupun professional. Bentuknya yang kecil dan ringkas menjadi sebuah keuntungan terbesar yang dilihat oleh konsumen.

Apakah DSLR akan benar benar mati? Untuk saat ini belum, masih banyak juga pengguna DSLR meski bukan mayoritas lagi. Mirrorless saat ini memang sudah merajai penjualan kamera di dunia, pembelinya memang kebanyakan masih didominasi oleh konsumen non professional, meski saat ini professional pun banyak beralih ke mirrorless.

Produsen kamera pun berlomba-lomba untuk mengeluarkan produk mirrorless terbaik mereka dari berbagai tipe dan segmentasi. Produsen kamera saat ini mulai mengurangi riset dan pengembangan DSLR mereka dan fokus kepada pengembangan teknologi kamera mirrorless nya. Masa depan kamera digital saat ini memang sedang dikuasai mirrorless camera, meski sebetulnya DSLR belum benar benar mati.

Hendri Hartono,S.Sn, M.Ds