Mengedit foto di Adobe Photoshop masih diperlukan? (Bagian 2)

sumber gambar : https://expertphotography.com/best-photo-editing-apps-smartphone/

Saat itu Photoshop sangat ramai diperbincangkan orang, editing foto menjadi marak dan semua ingin belajar photoshop.

Jaman berganti, aplikasi smartphone untuk mengedit foto semakin banyak dan canggih, serta praktis yang utamanya. Smartphone semakin murah dan mudah didapatkan masyarakat. Sosial media semakin menawarkan banyak pilihan dan kemudahaan untuk orang “keluar” dan berekspresi.

Photoshop perlahan mulai ditinggalkan masyarakat untuk dipelajari, selain lebih sulit secara teknis, juga kurang praktis karena tidak bisa langsung di-upload di sosial media. Meski begitu Adobe mengeluarkan photoshop versi mobile dan juga Lightroom versi Mobile yang juga laris digunakan masyarakat di smartphone mereka.

Tetapi memang Photoshop tidak serta merta hilang, penggunanya tetap banyak meski hanya di kalangan pekerja seni dan desain, karena bagaimana pun juga, photoshop tetap software editing paling powerfull saat ini, selain bisa untuk men-touch up foto dengan sangat advanced, juga bisa memanipulasi foto sampai level tinggi, dan itu belum bisa dilakukan di mobile apps.

Kepraktisan, kecepatan, kemudahaan menjadi pilihan masyarakat umum saat ini dalam mengedit foto, tetapi juga harus dibayar dengan aplikasi editing yang belum se-advanced photoshop di desktop. Photoshop sendiri terus mengalami kemajuan dari teknologi nya sehingga bagi pengguna editing yang lebih serius, sampai saat ini sulit untuk meninggalkan photoshop dan beralih ke media mobile apps.

Hendri Hartono,S.Sn, M.Ds