Mengedit foto di Adobe Photoshop masih diperlukan? (Bagian 1)

sumber gambar : https://www.plannthat.com/10-best-picture-editing-apps/

Di era aplikasi saat ini, berbagai macam aplikasi untuk kebutuhan sehari-hari baik untuk pekerjaan, olahraga bahkan editing foto bisa kita temukan dengan mudah di toko aplikasi. Aplikasi pengeditan foto menjadi salah satu yang populer saat ini, terutama di kalangan anak muda.

Dengan menjamurnya tren sosial media dan eksistensi anak muda saat ini di sosial media, foto menjadi salah satu elemen penting yang harus dilihat keberadaan nya dan dianggap serius dalam pengerjaannya, salah satunya faktor editing fotonya itu sendiri. Editing foto dianggap sangat penting sebelum foto itu di tampilkan. Banyak pula saat ini kejadian bahwa foto itu “menipu” daripada tampilan manusia aslinya, atau foto aslinya, tentu saja berkat kepiawaian sang pengedit dan juga betapa powerfull-nya softeware editing saat ini.

Sekitar 20-10 tahun lalu dimana fotografi digital mulai marak berkembang, pengeditan foto banyak dilakukan di media Desktop atau komputer laptop, di mana saat itu media smartphone belum begitu seramai saat ini meski mulai menggeliat, tetapi belum banyak pilihan aplikasi editingnya dan juga mungkin jaman itu smartphone beraplikasi canggih belum bisa dinikmati oleh banyak kalangan.

Saat itu Photoshop menjadi “raja” dalam soal mengedit foto, banyak orang belajar photoshop baik kursus sendiri, ikut extrakurikuler di sekolahnya, belajar secara formal di kampus desain, atau juga banyak sekali yang belajar mandiri meski saat itu sumber pembelajaran juga masih minim tutorial, tidak seperti saat ini video ataupun tutorial sudah sangat banyak dan mudah.

Hendri Hartono,S.Sn, M.Ds