Stencil Printing Process

Stencil Printing adalah sebuah teknik cetak yang memanfaatkan klise / acuan cetak berupa kertas yang dilubangi sesui gambar atau desain menggunakan benda tajam seperti cutter atau mesin cutting sticker. Klise yang telah dilubangi tersenut akan dilalui sebuah tinta sehingga gambar pada acuan tersebut akan berpindah ke medium yang akan dicetak seperti kertas, atau kain (kaos).

Sumber foto: Emmanuel Putro P

Bahan dan alat yang dibutuhkan pada proses Stencil Printing di media kain (kaos) adalah sebagai berikut; pertama kertas/kertas stiker, kedua screen sablon T54 dan rakel, ketiga tinta extender dan pigmen warna, keempat medium kain itu sendiri atau kaos polos, Kelima isolasi bening dan cave untuk mebubuhkan tinta ke media screen.

Sumber foto: Viviana Widjaya

Dalam artikel ini akan dijelaskan proses kerja dari teknik cetak setencil printing di media kaos. Tahap pertama adalah membuat acuan cetak bisa menggunakan kertas yang dilubangi atau menggunakan kertas stiker yang sudah dilubangi menggunakan mesin cutting sticker. Kemudian acuan tersebut ditempelkan ke media screen sablon secara terbalik agar hasil cetakan yang muncul menjadi positif. Setelah itu acuan yang sudah menempel pada screen kemudian diisolasi keliling agar tidak ada kebocoran tinta saat screen dibubuhi tinta. Kemudia proses penyablonan dengan menaruh screen diatas kain/kaos yang akan dicetak lalu menarik tinta menggunakan rakel agar tinta turun dan berpindah ke kain atau kaos.

Sumber foto: Viviana Widjaya

Setelah kain atau kaos menghasilkan visual makan dipanaskan dengan cara di hairdryer dan di jemur lalu di strika agar tinta menyerap dengan baik. Demikian proses tahapan teknis cetak pada teknik Stencil Printing diatas Kaos.

Emmanuel Putro Prakoso