Robot Basic Shape dengan Adobe Illustrator

Pada awalnya, dalam belajar Adobe Illustrator, diperlukan pemahaman mengenai basic yang kuat, dan salah satu nya basic bisa didapatkan dengan mempelajari Basic Shape. Basic Shape adalah bentuk bentuk dasar atau bentuk bentuk sederhana yang berupa kotak, lingkaran, trapezium sampai bintang.

Pada mata kuliah Computer Graphic 1, dimana mahasiswa diperkirakan baru mempelajari software Adobe Illustrator, diberikanlah tugas untuk membuat sebuah bentuk robot sederhana yang dibuat hanya menggunakan Basic Shape saja dan tidak diperbolehkan menggunakan tools lain misalnya pen tool.

Tetapi tentu nya tidak hanya sekedar basic shape saja, Basic Shape disini diperbolehkan untuk di modifikasi titik dan garis nya sehingga membuat menjadi bentuk bentuk tertentu. Meski masih terbatas bentuk nya, tetapi brief tugas ini memang tidak membuat bentuk robot yang kompleks.

Dipadukan dengan pewarnaan bloking, gradient ataupun diperbolehkan pula menggunakan Blend Tool, maka Basic Shape pun bisa dibentuk menjadi sebuah objek yang menarik.

Hendri Hartono,S.Sn,M.Ds