Redesign Website Food Festival (INTERFOOD INDONESIA) karya Liliana Wijaya

Gambar diatas merupakan sebuah project redesign dari website food festivalnya Interfood Indonesia, dengan tujuan yaitu untuk membuat websitenya lebih menarik dan fun, supaya orang-orang lebih tertarik untuk mengunjungi websitenya dan bersedia untuk menghabiskan sedikit waktunya untuk memperhatikan apa aja yang ada di website ini.

Isi website ini yaitu menjelaskan event Interfood tersebut yang disponsori oleh MEREBO, dan didalam website ini kita bisa melihat apa saja yang bisa kita temukan di event ini, ataupun lokasi jelasnya, contact personnya, jadwal eventnya, dan juga pendaftaran untuk ikut berpartisipasi dalam event ini.

Background yang dipakai yaitu merupakan fotografi dari bahan-bahan penting untuk membuat makanan, sehingga dengan melihat langsung para pengguna website bisa dengan langsung mengetahui kalau website ini merupakan website yang berhubungan dengan makanan dan otomatis orang-orang yang menyukai kuliner akan tertarik untuk melihat atau mengetahui website ini.

Berikut diatas ini merupakan isi-isi dari masing-masing tombol menunya, dimulai dari gambar pertama HOME, ABOUT US, EVENTS, PERFORMANCE LIST, dan LOCATION MAP. Untuk layout dari semuanya saya memilih untuk menggunakan 12 colom grid dan diatur serapi mungkin. Warna yang dipakai juga lebih merupakan warna yang berhubungan dengan makanan, contohnya warna merah, warna kuning sebagai warna utamanya.

HOME : Untuk home pagenya berisi welcoming untuk pengguna website dan juga penjelasan singkat berupa gambar / icon yang menjelaskan apa aja yang ada di event ini.

ABOUT US : Untuk about_us page berisi siapa saja sponsorshipnya, kategori apa aja yang ada di event ini, dan lain-lain yang menjelaskan website ini ataupun event tersebut.

Events : Untuk events page ini berisi brosur, poster, serta dimana saja informasi event ini bisa ditemukan.

Performance List : Untuk performance_list page ini berisi informasi-informasi event, visitor register, download brosur, dll.

Location Map : Untuk location_map page ini berisi lokasi tepatnya event ini diadakan, page ini juga mempunyai peta yang langsung dihubungkan ke google map, sehingga para pengguna website dapat dengan mudah menemukan lokasi event.

Gambar diatas merupakan gambar untuk website aslinya sebelum diredesain. Kenapa saya memilih untuk mendesain ulang website ini? Karena menurut saya website ini masih kurang menarik, dengan background putih full, desain yang sedikit, tipo yang sangat banyak dan flat. Pengguna website akan malas membaca tulisan-tulisan yang full dan panjang sehingga akan menyebabkan pengguna tidak betah dengan website ini.

Dengan adanya problem design website lamanya, maka adanya redesign website yang baru. Tujuannya yaitu untuk menarik perhatiaan pengguna website dan tentunya dengan menggunakan desain yang simple tetapi menarik. Saya memilih desain yang simple supaya orang mudah melihat dan mengerti inti dari website tersebut.

Liliana Wijaya