Proses Pembuatan Website Pribadi

Website pribadi ini merupakan website yang saya buat untuk dijadikan sebagai portfolio online, dimana isi dari website ini adalah projek dan karya-karya yang pernah saya buat. Di dalam website ini juga terdapat info-info tentang skill yang saya punya dalam menggunakan software design, serta background pendidikan saya dari SMA sampai sekarang. CV juga bisa didownload melalui link yang ada. Saya berharap dengan portfolio website ini client akan dengan mudah melihat hasil kerja saya dan bisa lebih mengenal saya jika memang mereka ingin bekerja sama.

Target market dari website saya adalah orang-orang yang membutuhkan jasa design (company maupun individual) & orang-orang yang tertarik untuk membeli karya saya. Di luar sana banyak sekali portfolio-portfolio online designer dari dalam maupun luar negri yang sangat menarik, karena itu saya berusaha untuk membuat portfolio online yang tidak kalah menarik serta unik dalam hal design dan warna. Saya menggunakan warna swiss design yaitu kuning dan black and white. Secara pribadi, saya kurang suka dengan warna-warna yang terlalu girly seperti pink jadi saya lebih memilih warna-warna netral. Warna-warna ini juga diharapkan bisa menampilkan karakter saya secara pribadi.

Di beberapa halaman dalam website ini juga saya menampilkan beberapa quotes yang menarik karena menurut saya, quotes-quotes tersebut juga bisa secara keseluruhan memperlihatkan karakter dan style design saya serta apa sebenernya tujuan saya dalam mengerjakan projek yang ada. Berikut beberapa quotes yang saya gunakan :

Saya berusaha mempelihatkan kemampuan saya dalam mndesign tiap halaman website yang ada, juga sebisa mungkin tidak menampilkan design yang sama supaya tidak membuat bosan. Banyak sekali website portfolio di luar sana yang menggunakan design itu-itu saja sehingga memberikan kesan pertama yang kurang baik bagi client. Disini, sebisa mungkin saya menghindari hal tersebut. Saya juga berusaha untuk membuat seluruh halaman terlihat menarik dan bukan halaman tertentu saja. Namun pastinya halaman “Home” harus dibuat semenarik mungkin supaya saat client pertama mengunjungi website saya, mereka akan tertarik untuk melihat halaman lainnya.

Hal yang saya tonjolkan pada website ini adalah kedinamisan, karena itu saya menggunakan bentuk diamond dengan ukuran yang berbeda-beda dan juga efek “floating” para beberapa diamond.

Demikian sekilas proses pembuatan portfolio website saya, website ini akan saya jadikan portfolio online permanen sebagai sarana awal di dunia pekerjaan dan saya berharap pesan yang ingin saya sampaikan bisa ditangkap oleh para client.

Vania Amelia