Sekilas Tentang Fotografer Michael Bilotta

Michael Bilotta dikenal sebagai fotografer yang menghasilkan karya-karya yang mendapatkan penghargaan dengan kategori karya konseptual fine art. Pria peraih American Award winning yang berasal dari Boston ini, mulanya mendapatkan pendidikan di Berklee College of Music, dengan peminatan ‘songwriting and composition’, namun ternyata minatnya beralih ke karya visual yang menjadi fokusnya, dan membawanya menjadi fotografer profesional.

Semua image dalam karya fotografinya merupakan hasil karya fotografi murni, namun pengerjaannya memang diolah dalam komputer menggunakan Photoshop. Menurutnya, apa yang ingin dikomunikasikan dalam karyanya adalah eksplorasi dari alam pikiran manusia, rasa takut, harapan, kondisi personal maupun interaksi manusia dalam ruang lingkup kehidupannya yang digambarkan dengan indahnya secara simbolik dan penuh makna.

Bilotta menyebutkan karyanya sebagai karya surealis yang divisualkan seakan seperti nuansa tidak nyata seperti mimpi, dengan mengeksplorasi potongan image yang dikreasikan menjadi sebuah karya. Tanpa diawali konsep mendetail dalam memulai karyanya dia terbiasa menghasilkan karya sesuai instingnya, yang biasanya akan tereksplor dan terwujud saat dia memulai pemotretan dan improvisasi. dan saat itulah biasanya dia mendapatkan pengembangan konsepnya yang diwujudkan secara visual dalam foto. Foto-fotonya diambil bagian perbagian, dan dengan foto-foto itu sebagai material mentah, dia menggabungkannya menajdi suatu foto biasa menjadi foto bernuansa surealis yang tidak nyata.

Dalam fotonya Bilotta mengeksplorasi permasalahan, konflik, dan proses alami yang sering dihadapi manusia, dengan sentuhan visual yang membuatnya menjadi berada didunia yang tidak nyata. dengan sentuhan fantasi dan imajinasi untuk memvisualkan suatu konsep yang bersifat personal dan penuh makna untuknya dan diharapkan bisa disalurkan ke pengamat karyanya juga.