MELATIH PENCAHAYAAN DASAR FOTOGRAFI (BAG. 1)

MELATIH PENCAHAYAAN DASAR FOTOGRAFI (BAG. 1)

 

Belakangan ini tren fotografi digital sedang mengalami masa kejayaan, yang ditandai dengan hadirnya kamera berjenis mirrorless (tanpa cermin) dan kemunculan berbagai aplikasi digital yang membutuhkan fotografi sebagai salah satu medianya.

Apabila kita berniat untuk sekadar mencoba terjun ke dalam dunia, maka kita harus mengetahui elemen dasar yang terpenting dalam fotografi, yaitu pencahayaan. Selain untuk menerangi objek foto, pencahayaan juga bertujuan untuk menentukan feel atau mood dari sebuah foto, juga menentukan bagian detil yang akan ditonjolkan dalam sebuah foto.

Untuk dapat mengerti prinsip kerja pencahayaan untuk fotografi, kita dapat mencoba dari benda yang paling sederhana sebagai alat bantu pencahayaan objek, misalnya seperti lampu meja belajar, atau lampu senter, lampu darurat, dll. Langkah pertama dapat dimulai dengan mengambil objek untuk latihan foto (disarankan untuk memilih objek yang memiliki bentuk menarik). Setelah itu, kamera diletakkan diatas tripod atau permukaan yang menunjang stabilitas kamera, sambil mengarahkan kamera ke objek. Berikutnya kita dapat mencoba mengatur posisi sumber cahaya (lampu) untuk melatih kemampuan kita mengeksplorasi bentuk bayangan dan hubungannya dengan arah sumber cahaya. Cara ini dapat terus diulang sampai kita berhasil mendapatkan mood, feel, dan keseimbangan antara cahaya dan bayangan yang menarik.

DIY pencahayaan :

_DSC0498

http://www.jenganten.com/2016/08/tips-cara-mudah-bikin-lighting-untuk.html

Randy Indra Pradhana