Web Portfolio

giovani-1

Tugas portfolio ini adalah salah satu tugas mandiri untuk mata kuliah New Media II jurusan DKV New Media, di mana setiap mashasiswa diwajibkan untuk membuat portfolio website berisi karya mereka. Tujuannya selain karena  berkaitan dengan pelajaran mata kuliah ini (membuat website) yaitu juga sebagai langkah awal untuk terjun ke dunia kerja, website portfolio akan membantu designer ataupun ilustrator menunjukkan karya mereka ke masyarakat.

Dalam mengerjakan tugas ini media yang digunakan adalah Adobe Dreamweaver untuk meng coding dan Adobe Photoshop untuk mendesain.

Berbeda dengan tugas di mata kuliah lain dan sebelumnya, membuat sebuah website ini terasa sangat berbeda dan baru, karena bentuk akhir karyanya bukan dalam bentuk hard copy namun tetap dalam bentuk digital yang memiliki tantangan tersendiri.

Dalam pembuatan website ini tantangannya adalah bagaimana caranya membuat sebuah website yang mudah dimengerti, sederhana dan konsisten secara desain, namun juga tidak membosankan dan efektif. Dengan pertimbangan tersebut, saya membgai website portfolio ini menjadi 5 halaman

yaitu, home, student work, drawing, about/contact dan memilih untuk menggunakan tampilan monochrome agar tidak memakan bandwith yang besar.

giovani-2

Pada halaman student work dan ilustrasi terdapat deskripsi singkat tentang karya yang dibuat sedangkan di bagaian about/ contact agar tidak terlihat membosankan maka dibantu dengan ilustrasi berentuk balon kalimat dan beberappa doodles lainnya.

Kesimpulan

Website portfolio adalah salah satu media untuk mempromosikan karya namun proses membuatnya bukan hal mudah, karena agar website bisa efektif kita harus memahami kelebihan dan apa yang mau ditawarkan kepada pengguna web yang kemudian akan mempengaruhi tampilan web tersebut.

Giovani