Atlanta Street Food Festival – Redesign

afifah-1

Atlanta Street Food Festival (ASFF) adalah adalah sebuah acara yang akan menampilkan truk makanan Atlanta terbaik dan memberikan kesadaran kepada masyarakat dengan menyediakan kualitas makanan yang high-end dalam cara yang unik. Peserta juga akan menikmati panggung hiburan dari band-band lokal. Festival ini akan diselenggarakan oleh Enchanted Blu Events dan sebagian dari setiap tiket yang terjual akan menguntungkan Atlanta Community Food Bank. ­­ASFF menggunakan website sebagai media komunikasi utama kepada publik. Namun, website ini memiliki banyak kekurangan pada user interface seperti layout yang tidak tertata rapih serta hirarki yang tidak terarah dengan baik dan desain yang tidak menarik. Hal tersebut berdampak kepada user experience yang sangat kurang sehingga website ini dinilai tidak mengundang publik untuk dikunjungi, padahal website ini dimaksudkan sebagai media komunikasi utama. Berikut tampilan asli dari website Atlanta Street Food Festival 2015

afifah-2

Melihat banyaknya kekurangan dan masalah pada website ini, maka saya melakukan redesign pada website ini agar terlihat lebih menarik dan mengundang untuk dikunjungi. Hal ini dikarenakan jika website ini memiliki user interface yang baik maka user experience yang akan dihasilkan akan baik pula, sehingga website ini tidak hanya akan mengundang untuk dikunjungi, namun acaranya sendiri juga akan ramai pengunjung karena user mendapatkan pengalaman yang sangat menyenangkan saat mengunjungi website tersebut seakan-akan mereka merasa diundang secara personal untuk datang ke acara ini.

afifah-3

Karena acara ini bertemakan festival jajanan dan musik, maka website dibuat lebih colorful seperti warna-warna truk makanan dan juga dinamis agar tidak terlihat kaku dan serius karena acara ini bersifat santai dan kekeluargaan. Pemilihan font yang lebih tumpul dan permainan warna pada foto sebagai background juga dilakukan agar website tidak terlihat sepi dan terlalu serius. Website dibuat single page agar menambah user experience bagi user yang mengakses website ini dan juga memudahkan dan jauh lebih efisien tanpa harus menunggu loading ke halaman selanjutnya.

afifah-4

Sebuah website sangatlah penting untuk mempunyai user interface dan user experience yang sama baiknya karena keduanya saling timbal balik. Jika user interface bagus namun user tidak mendapatkan pengalaman yang baik dari website tersebut, maka kesan terhadap website pun buruk, begitu pula sebaliknya. Selain itu, UI dan UX yang baik juga penting karena website mewakili keseluruhan image dari acara yang diadakan.

Afifah Anindya Pradita