Web Design – Josephine Maureen Creatively

josephine-1

Josephine Maureen Creatively adalah sebuah website portfolio untuk desainer grafis dan ilustrator yang juga masih duduk di bangku kuliah di Bina Nusantara University, Josephine Maureen. Selain sebagai online portfolio untuk Josephine sendiri, website ini juga merupakan salah satu tugas dalam ujian mata kuliah New Media II. Big idea dalam visual yang ditampilkan dalam Josephine Maureen Creatively adalah storytelling atau bercerita. Dengan demikian, pendekatan visual terlihat komunikatif.

josephine-2

Terdapat 4 halaman utama dalam website Josephine Maureen Creatively, home, work, about, dan contact. Pada halaman home, pengunjung dapat melihat jenis jasa kreatif apa saja yang ditawarkan, mulai dari brand identity hingga illustration. Pada halaman work, ditampilkan thumbnail dari setiap pekerjaan kreatif yang pernah dikerjakan beserta link untuk membuka halaman berisi detail pekerjaan tersebut. Kemudian pada halaman about, terdapat perkenalan singkat tentang Josephine Maureen, serta CV dan resume yang dapat dilihat. Terakhir, pada halaman contact, pengunjung dapat mengisi data diri dan pesan untuk dikirimkan melalui email kepada Josephine Maureen.

Secara visual, website ini dapat dibagi menjadi 3 bagian, header, body, footer. Pada bagian header dan footer, digunakan warna hitam sebagai latar dan permainan pattern oranye yang dibuat dari lineart

vektor bentuk-bentuk yang terkait kretivitas & imajinasi (beruang, pensil, pena, buku, bohlam, dan mouse).  Menu bar diletakkan pada header, begitu pula dengan logo dan copy pengantar yang berbeda di setiap halaman. Bagian body adalah untuk isi halaman. Sedangkan pada bagian footer, terdapat link eksternal untuk berkomunikasi dengan Josephine Maureen berupa ikon-ikon.

josephine-3

Berangkat dari big idea storytelling, pada setiap header terdapat copy yang bersifat komunikatif atau berbicara dan memberi pertanyaan kepada pengunjung.  Begitu pula dengan bagian body, setiap bagian diawali dengan sebuah pertanyaan ataupun penyataan yang bersifat komunikatif. Hal ini sesuai dengan karakteristik Josephine sendiri sebagai desainer yang menekankan pada pesan, cerita, imajinasi, dan impian yang disampaikan dengan seni.

Josephine Maureen