Karya Komgraf 2 Florencia Irena Gunawan

Untitled-1

Tema yang saya ambil untuk “cover majalah” ini adalah konten yang berbau “go green”. Pertama-tama, saya mencari layout majalah yang sesuai sebagai bahan referensi. Lalu, saya memotret foto diri setengah badan di lokasi yang memiliki background hijau dengan pakaian berwarna senada. Hasil foto yang diperoleh di-crop di Adobe Photoshop sesuai ketentuan ukuran, dan diatur brightness, contrast, serta curvesnya agar nuansa foto terlihat lebih cerah dan tidak flat. Bantuan dodge tool juga dipakai untuk memperterang beberapa bagian gelap.

Menggunakan healing brush tool, flek dan kantung mata pada wajah diperhalus. Smudge tool juga digunakan untuk memperbaiki hidung, bibir, dan lekuk wajah. Layer overlay dan brush tool membantu memberikan warna pada bibir, sedangkan efek Gaussian blur memperhalus eyeliner hasil goresan brush tool pada bagian atas mata. Terakhir, nama majalah dan judul-judul artikel ditempatkan pada gambar sesuai layout referensi.

Hasil editan foto yang diperoleh cukup berbeda dari foto aslinya. Kulit dan bibir saya menjadi tidak terlihat terlalu pucat dan wajah saya terbebas dari kantung mata. Saya cukup puas dengan kombinasi warna cerah dari seluruh layout karena sesuai dengan tema yang saya inginkan.

Florencia Irena Gunawan