Karya Komgraf 2 Dealonicha Andini Trisnawati

Low Res

Konsep

Konsep dari tugas mata kuliah Komputer Grafis 2 yang bertema ‘Visual Identity’ ini adalah tentang Bajak laut yang mencari sesuatu yang lebih atau bisa dibilang Bajak Laut yang tidak pernah puas. Saya mengambil konsep ini menggambarkan kepribadian saya yang sangat menyukai tema-tema fantasy dan karena pribadi saya yang tidak pernah puas dan selalu ingin mencoba mendapat yang lebih baik selagi saya bisa. Dalam karya saya ini, Saya menjadikan gurita sebagai alat transportasi saya selama perjalanan mencari harta karun saya di langit. Kenapa tidak di laut? Karena dengan gurita sebagai pertanda bahwa saya sudah menaklukan lautan, jadi saatnya saya menaklukan langit (menurut imajinai saya) Lalu saya mengenakan atribut bajak laut seperti topi, lalu ada bendera bajak laut, serta burung yang menjadi teman pengawal saya selama perjalanan di langit dan pose saya yang sedang duduk dengan melihat menggunakan teropong untuk mencari harta karun. Di sekeliling terdapat banyak uang emas koin yang ada, tetapi saya tidak mengambil bahkan menggubrisnya karena saya ingin mecari yang lebih dari itu. Oleh karena itu dalam karya ini saya mengambil tema seperti ini karena tema dari karya ini adalah Visual Identity yang berhubungan erat dengan saya.

Proses Kerja

Peralatan : Laptop, Mouse, dan Kamera DSLR

Software : Adobe Photoshop CC

Source Image : Devianart, Pexels

  • Langkah pertama saya adalah mencari berbagai macam referensi dari sumber-sumber seperti Pinterest, Behance, Devianart, dan beberapa dari Instagram seperti Manipulation.Clan, Photoshop, dll.
  • Setelah mendapat style yang saya inginkan, saya mulai sketch, mengambil foto diri berbagai pose serta mencari gambar-gambar pendukung.
  • Setelah mendapat cukup bahan foto, saya mulai mengerjakan di Photoshop. Awalnya saya cukup mengalami kendala mengenai perspektif, oleh karena itu terjadi beberapa perubahan angle pada karya saya.
  • Teknik yang banyak saya gunakan dalam pengerjaan di Photoshop:

–          Cropping dengan Pen Tool dan beberapa dengan wand tool karena beberapa bahan gambar saya berbackground putih dan rapi saat di crop menggunakan wand tool. Untuk gambar burung yang badannya berbulu, saya menggunakan teknik masking dan tambahan pada menu Refine Edge.

–          Adjusment seperti Color balance, Hue and Saturation dan Curves sebagai cara untuk menyamakan tone gambar. Tambahan dengan brush yang di overlay, Multiply, Screen dan Soft Light untuk menghaluskan efek dan warna.

–          Brush tambahan seperti bintang dan bulan.

–          Clipping Mask dan Perspective untuk membuat kursi dengan tekstur kayu.

–          Warp dan Puppet Warp untuk membuat efek tali melingkar dan tentakel gurita melingkar.

–          Dodge dan Brush untuk membuat efek bayangan atau shading.

–          Gradient Tool untuk membuat efek cahaya dan warna tambahan.

–          Gradient Map untuk memberi tone warna yang saya inginkan.

 

 

Dealonicha Andini Trisnawati