Perancangan Ulang Visual Identitas KoldCash

Tugas Akhir: Perancangan Ulang Visual Identitas Kold Cash, Oleh: Josephine Maureen

Perancangan Identitas Visual KoldCash, sesuai judulnya, adalah sebuah karya tugas akhir yang menargetkan sebuah perusahaan e-commerce startup bernama KoldCash. Perusahaan ini memperkenalkan kembali situs penggalangan dana crowdfunding di Indonesia, yang saat ini masih cenderung asing meskipun sudah ada beberapa situs sejenis. Crowdfunding sendiri merupakan sebuah sistem pendanaan alternatif di mana sebuah proyek mendapatkan dana dari masyarakat luas, bahkan orang-orang asing yang tidak mengenal pemilik proyek.

Berbeda dengan situs-situs crowdfunding yang saat ini sudah ada di Indonesia dengan target pendanaan sosial, KoldCash menjadi situs crowdfunding pertama asal Indonesia dengan target pendanaan bisnis dan tentunya fitur-fitur yang lebih mendukung proyek-proyek bisnis. Sesuai dengan hal ini, brand essence untuk KoldCash adalah “Turning Passion into Real Deal”, menggambarkan bagaimana melalui situs ini, seorang pemilik bisnis dapat bertemu dengan pendana yang memiliki passion dalam bidang yang sama, yaitu bidang usaha tersebut, kemudian mereka dapat menjadikan passion tersebut bisnis nyata dengan bahu-membahu.

Dari sanalah muncul logo dan supergrafis KoldCash yang memiliki bentuk menyerupai hati dengan warna oranye sebagai lambang dari passion, serta struktur menyerupai permata dan warna hijau untuk mewakili bisnis yang sukses.

Tujuan penelitian adalah mendesain identitas visual untuk KoldCash agar memiliki identitas sebagai sebuah perusahaan startup e-commerce baru dari Indonesia dalam bentuk situs penggalangan dana bisnis. Metode desain yang digunakan termasuk menggunakan strategi kreatif yang menargetkan pemuda peminat dan pelaku dalam dunia bisnis.

Flat design dengan warna yang cerah dan supergrafis yang khas diaplikasikan dalam berbagai implementasi sesuai dengan esensi dari brand, “Turning Passion into Real Deal”. Dilihat secara keseluruhan, identitas visual KoldCash menyampaikan kesatuan dalam kesesuaian dengan nilai, sifat, janji, dan visi dari brand, untuk menciptakan brand image yang distingtif dan menyampaikan kejelasan tentang perusahaan.

Screen Shot 2016-09-23 at 6.12.47 PM Screen Shot 2016-09-23 at 6.12.58 PM Screen Shot 2016-09-23 at 6.13.23 PM Screen Shot 2016-09-23 at 6.13.30 PM Screen Shot 2016-09-23 at 6.13.52 PM Screen Shot 2016-09-23 at 6.13.59 PM Screen Shot 2016-09-23 at 6.14.07 PM

Meilani