PERANCANGAN KAMPANYE PROMOSI JAKARTA INFINITE EXCITEMENT GETAWAY WORKING PAPER

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini ialah membuat sebuah kampanye promosi mengenai pariwisata Kota Jakarta yang berjudul Jakarta Infinite Excitement Getaway untuk menjadikan Jakarta salah satu tujuan tempat wisata yang menyenangkan bagi warga Singapura untuk melepas stress

dari rutinitas pada akhir pekan, serta meningkatkan jumlah kedatangan wisatawan Singapura ke Jakarta.

Kata kunci : Kampanye, Pariwisata, Promosi, Jakarta, Kegembiraan, Tak terbatas, Liburan akhir pekan.

HASIL DAN BAHASAN

Visual yang digunakan berupa gabungan antara fotografi dan ilustrasi yang menggambarkan Jakarta yang glamour dan menawarkan excitement yang tidak terbatas. Namun fokus utama adalah pada call-to-action di masing-masing media dan key visual berupa ilustrasi vector roller coaster.

Key visual yang digunakan berupa roller coaster karena roller coaster merupakan salah satu wahana yang menawarkan excitement yang tinggi, surprising, dinamis, fun, dan infinite (tidak berujung), sama seperti Jakarta yang memiliki penawaran serupa, tempat hiburan yang sangat banyak, menyenangkan, surprising, sehingga pengunjung akan mendapatkan pengalaman yang berbeda setiap kali datang ke Jakarta.

LOGO

jesslyn-1

Logo Jakarta Infinite Weekend Getaway merupakan sebuah logo dengan perpaduan logogram dan logotype. Logogram yang berbentuk wajah orang berkacamata yang sedang tertawa berbentuk lingkaran dengan line yang tidak terputus juga dengan kacamata yang terbentuk dari huruf J,K, dan T yang menggambarkan Jakarta. Logo ini menggambarkan Jakarta yang infinite dari garis yang tidak terputus, fun dapat terlihat dari bentuk orang yang sedang tertawa, dan targetnya orang-orang yang bekerja di kantor di Singapura dilambangkan dengan kacamata. Logotype  yang menggunakan font Avenir Black ini menggambarkan Jakarta yang modern. Dengan penggunaan warna kuning dan ungu yang menggambarkan keceriaan dan kekayaan (glamor).

WEBSITE

                  Website merupakan media yang sangat penting di dalam kampanye ini karena target audiens akan mendapatkan informasi-informasi bahwa Jakarta memiliki dan menawarkan hiburan yang sangat banyak pilihan maupun jenisnya dan tepat jika dijadikan pilihan tempat berlibur singkat pada akhir pekan untuk melepas stress dan penat dari kesibukan dan rutinitas sehari-hari. Selain itu website juga menampilkan desain dengan fotografi digabungkan dengan ilustrasi roller coaster yang merupakan key visual kampanye ini. Website ini menggunakan fotografi untuk menggambarkan secara jelas penawaran-penawaran hiburan dan keindahan kota Jakarta.

jesslyn-2

jesslyn-3

jesslyn-4

POSTER

jesslyn-5

Poster menggambarkan suasana glamor kota Jakarta, dengan roller coaster untuk mewakili kesenangan dan seolah-olah ajakan bermain ke Jakarta. Dilengkapi dengan QR code untuk memudahkan target mengakses website sebagai sumber informasi utama di dalam kampanye ini.

BILLBOARD

jesslyn-6

AMBIENT ADS

jesslyn-7

WEB BANNER ADS

jesslyn-8

                  Web banner ads ini berupa gif  yang mengarahkan target untuk mengakses ads tersebut yang mengarahkan target kepada website kampanye.

BUS ADS

jesslyn-9

BUZZER INSTAGRAM

jesslyn-10

Kampanye ini akan bekerja sama dengan beberapa buzzer warga Singapura dengan followers diatas 10 ribu orang di instagram, cara ini dianggap efektif dalam memperkenalkan kampanye ini ke target audiens.

Jesslyn Angela Wijaya