Tugas Akhir : “Tradisi Tahunan Tionghoa Konghucu Bangka”

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah merancang buku publikasi mengenai Tradisi umat Konghucu yang ada di pulau Bangka. Metode perancangan menggunakan strategi kreatif yang menyasar kepada kalangan usia remaja sampai dengan dewasa. Perancangan menggunakan strategi visual mengadaptasi fotografi jurnalistik dan dengan design layout yang informative agar masyarakat terbawa dalam suasana perayaan. Yang kemudian akan diaplikasikan ke buku dengan judul “TRADISI TAHUNAN TIONGHOA KONGHUCU BANGKA” beserta dengan media yang akan mendukung buku tersebut, dengan menggunakan BIG IDEA, Tone & Manner yang telah ditentukan sebelumnya. Hasil perancangan dengan menggunakan implementasi fotografi jurnalistik yang membawa masyarakat merasakan suasana dari perayaan tradisi tersebut.(I)

Cover Buku

indra-1

Desain Cover dibuat simple engan banyak ruang kosong. Dengan menggunakan warna merah dengan background ukiran China dengan opacity

Layout Design

indra-2

Halaman isi menggunakan grid modular 5×6. Desain juga dibuat simple, karena terinspirasi dari lukisan China yang memanfaatkan white Space, white space disini bertujuan untuk menonjolkan foto yang mencerminkan spirit perayaan tradisi tersebut.

Implementasi Design

indra-3

indra-4

Berikut merupakan beberapa implementasi media dari proyek publikasi buku “Tradisi Tahunan Tionghoa Konghucu Bangka”.

Diimplementaasikan ke dalam bentuk media pendukung seperti x- banner, pembatas buku, poster, pin, totebag, social media, kalender, postcard dan lainnya.

Indra Pramana