Tugas Akhir : PERANCANGANULANG IDENTITAS VISUAL PULAU PRAMUKA

­Abstrak

Identitas Pulau Pramuka bertujuan agar masyarakat Indonesia khususnya para wisatawan dapat mengetahui bahwa ada pulau yang tebilang cukup indah di kawasan Ibukota Jakarta. Dengan melakukan studi dari buku, internet, serta wawancara terhadap Narasumber terkait. Melalui Perancangan Identitas Pulau Pramuka dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang akan berkunjung ke pulau pramuka dan dapat membangun citra/karakter warga pulau tersebut.

Kata Kunci : Identitas Visual, Pulau wisata, Jakarta, Indonesia

alvin-1

Keterangan Karya

Pulau praamuka adalah salah satu bagian pulau dari daerah kepulauan seribu di DKI Jakarta, dibutuhkan waktu kurang lebih 1,5-2 jam dari pelabuhan muara angke Jakarta. Pulau pramuka adalah pusat pemerintahan dari kecamatan pulau seribu selain itu, pulau pramuka adalah pulau wisata dengan berbagai kelengkapan seperti tempat penginapan, resort, spot untuk diving, dan lain nya. Pulau ini merupakan pulau transit untuk menuju pulau wisata atau spot spot snorkeling disekitar pulau pramuka.

Dengan perancangan identitas visual pulau pramuka diharapkan akan menambah jumlah wisatawan yang berkunjung ke pulau pramuka khususnya warga DKI Jakarta yang akan melakukan liburan. Tanpa harus keluar kota pun, wisatawan dapat merasakan sensasi ketentraman pulau pramuka. Selain hanya berlibur, wisatawn juga dapat melakukan wisata edukasi dengan mengunjungi penangkaran-penangkaran yanga da di pulau tersebut dan ikut melestarikan keindahan alam pulau pramuka.

Alvin Dharmawan Saputra