Tugas Akhir : PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL PUBLIKASI BUKU KOPI INDONESIA

caterine1

ABSTRAK

Tujuan penelitian adalah agar masyarakat lebih mengenal dan memahami tentang kopi Indonesia. Metode perancangan menggunakan strategi kreatif, yang menyasar remaja hingga dewasa muda sebagai sasaran pasar. Perancangan menggunakan strategi visual dan desain yang mengadaptasi gaya illustrasi gambar tangan yang menggambarkan tradisional. Hasil yang ingin dicapai adalah supaya masyarakat dapat memahami kopi Indonesia dan bagaimana cara pembudidayaannya serta mengetahui manfaat dari kopi itu sendiri. Hasil perancangan menunjukkan tradisional dan alami dari kopi Indonesia yang tidak ada menggunakan bahan kimia sehingga dapat menciptakan rasa yang berkualitas. (C)

Kata kunci : publikasi, desain buku, kopi Indonesia

Proyek Tugas Akhir yang dibuat adalah perancangan komunikasi visual publikasi buku kopi Indonesia. Judul bukunya adalah Indonesia Surga Kopi. Buku Indonesia Surga Kopi Indonesia adalah buku kopi Indonesia yang memberikan informasi tentang berbagai macam jenis kopi Indonesia untuk kalangan dewasa muda di kota besar yang disajikan dalam bentuk illustrasi yang menarik.

Desain pada Cover buku Indonesia Surga Kopi berupa kumpulan berbagai macam foto yang menggambarkan kopi Indonesia. Foto tersebut secara garis besar menggambarkan apa itu kopi Indonesia bagi yang merasa kurang mengetahui tentang kopi Indonesia itu sendiri.

caterine2

Divider atau pemisah adalah halaman yang digunakan untuk memisahkan antara bab satu ke bab lainnya. Penulis menggunakan ilustrasi sebagai divider dengan menggunakan warna berbeda pada tiap bab.

Tiap divider berfungsi memisahkan sekaligus menjelaskan apa yang dibahas di dalam bab tersebut. Bab 1 membahas tentang sejarah kopi di dunia dan di Indonesia, dan jenis-jenis biji kopi. Bab 2 membahas tentang kopi yang ada di Indonesia. Bab 3 membahas tentang cara penanaman atau pembudidayaan kopi dan cara pembuatan minuman kopi. Bab 4 membahas tentang manfaat kopi bagi kesehatan dan kecantikan.

caterine4

Layout dalam buku Indonesia Surga Kopi menggunakan grid modular, agar layout dapat dimaksimalkan penempatannya.Dengan menggunakan grid modular, penempatan gambar dan tulisan dapat dibuat lebih playful. Tiap spread dari buku Indonesia Surga Kopi menggabungkan antara ilustrasi, foto dan teks.

Media pendukung merupakan salah satu elemen  penting yang menunjang media utama itu sendiri. Sebagai cara untuk memperkenalkan buku Indonesia Surga Kopi kepada khalayak ramai, media publikasi cetak seperti poster dan x-banner tentu dirasa cukup penting. Satu hal yang membuat pembaca tertarik untuk membeli sebuah buku, diluar cover dan isi buku itu sendiri, adalah bonus yang didapat ketika kita membeli buku tersebut. Karena itulah hal-hal pendukung seperti diatas patut dipertimbangkan. Berikut adalah uraian tentang media pendukung itu sendiri.

caterine5

Bookmark merupakan salah satu bonus wajib dari penjualan buku Indonesia Surga Kopi. Bookmark tersedia dengan 5 pilihan yang colorful. Pada bookmark, terdapat tali yang letaknya ada bagian atas. tali itu berfungsi untuk memudahkan pembaca mengetahui halaman buku yang ditandai. Pada bagian atas juga terdapan cuttingan. Cuttingan ini berfungsi apabila bookmark sedang diselipkan di dalam buku, bagian yang di cutting dapat menjepit halaman sehingga bookmark tidak gampang jatuh. Pada tiap buku terdapat bonus bookmark secara acak yang bisa kita dapatkan secara cuma-cuma.

caterine6

Notebook adalah sebuah buku kecil yang digunakan untuk menulis catatan seperti reminder dan lain-lain. Notebook ini dibuat sebagai salah satu media promosi agar orang lain mengetahui tentang buku Indonesia Surga Kopi. Notebook ini terdiri dari 4 macam gambar dengan ukuran 12 x 16 cm.

Catherine Sudarso