P2M : MENGGAMBAR DESAIN KARAKTER, Minggu 21 Mei 2016

2

Tujuan pelatihan ini adalah mengenalkan dasar-dasar pemahaman desain karakter kepada para anggota komunitas Klub Training Mangga Dua yang terdiri dari siswa SMU dan mahasiswa dari berbagai sekolah di Jakarta. Desain karakter sering dipahami sebagai bentuk ilustrasi baik dari mahluk hidup maupun dari obyek mati dengan konsep personifikasi (seperti manusia) yang diterapkan pada desain komik, animasi, dan maskot. Manfaat dari pelatihan ini untuk para peserta adalah mendapatkan materi dasar pemahaman perancangan desain karakter dan praktek merancang desain karakter dengan bimbingan para instruktur, sedangkan untuk para instruktur dapat menjadi bahan penelitian dan mengukur seberapa efektif metode pembekalan yang dilakukan dan hasil yang diharapkan. Pada umumnya, para peserta baru sekali mendapat pelatihan mengenai desain karakter. Dengan pertimbangan itu, metode pembelajaran yang digunakan adalah teori dan pengenalan desain karakter, pengenalan dasar-dasar perancangan, dan praktek merancang desain karakter. Pelatihan berlangsung sekitar 3 jam dengan jumlah peserta 31 orang dan jumlah instruktur 6 orang. Adapun hasil dari pelatihan adalah masing-masing peserta merancang karya desain karakter yang kemudian dinilai oleh tim instruktur. Rancangan desain karakter yang dihasilkan selama latihan relatif baik, hal tersebut dapat menggambarkan penggunaan metode pelatihan dan cara penyampaian yang dilakukan sudah cukup baik. Pola pelatihan ini dapat terus dikembangkan dengan peserta yang berbeda, atau dapat dikembangkan materi lanjutannya untuk peserta yang sama.

1

3

Arif Priyono Susilo Ahmad