Tugas Akhir : PERANCANGAN ULANG VISUAL KEMASAN VAOVAO YOGHURT

Frozen Yoghurt (1)

ABSTRACT

The purpose of the research was to re-design the visual packaging of Yoghurt Vaovao so that the packaging is capable to accentuate the character of Vaovao Yoghurt’s product. The design method of this research is using creative strategy, targeting the middle-upper class urban citizen, young adults such as college students, office worker or housewives who apply healthy lifestyle as a new and main market target. So, with the basic idea that has been made, the visual result is the application from some of the characters within the product of Vaovao Yoghurt, which is traditionally made but also a product for urban society.  In conclusion, the design results showed the harmony between values, vision, mission, and a new visual character and unique but still generic and can be easily accepted by the society.(A)

Keywords : labels, packaging, redesign packaging, homemade yogurt

Frozen Yoghurt (2)

ABSTRAK

Tujuan penelitian ialah merancang ulang visual kemasan Vaovao Yoghurt sehingga kemasan mampu menonjolakan karakter dari produk Vaovao Yoghurt. Metode perancangan menggunakan strategi kreatif yang menargetkan masyarakat urban menengah keatas, dewasa muda seperti mahasiswa, pekeja kantoran atau ibu rumah tangga yang bergaya hidup sehat sebagai sasaran pasar yang baru dan utama. Maka dengan ide dasar yang sudah dibuat, hasil visual merupakan pengaplikasian dari beberapa karakter yang ada pada produk Vaovao Yoghurt, yaitu yang dibuat secara tradisional tetapi juga merupakan produk masyarakat urban. Dapat disimpulkan hasil perancangan menunjukkan keselarasan antara nilai, visi, misi, dan karakter visual yang baru dan unik namun tetap umum dan mudah diterima masyarakat. (A)

Kata kunci : label, kemasan, pereancangan ulang kemasan, yoghurt buatan sendiri

Low Fat Yoghurt (2)

PENJELASAN SINGKAT

            Vaovao Yoghurt merupakan produk UKM yang dijalankan oleh Ibu Florentina. Vaovao Yoghurt ini dibuat secara homemade. Untuk desain kemasannya sendiri menggunakan ilustrasi yang dibuat manual dengan cat air agar terkesan tradisional seperti yoghurt homemade ini dan warna-warna yang digunakan adalah warna-warna vivid yang sesuai dengan warna rasa/buah dari varian rasa Vaovao yoghurt ini. Untuk kemasan lainnya juga seperti frozen yoghurt dan greek yoghurt juga disesuaikan. Gaya desain cendrung berwarna dan feminine tetapi bukan untuk menimbulkan kesan anak-anak karena target pasarnya lebih dipusatkan untuk wanita atau ibu rumah tangga.

poster

Apron

flyer

Coaster

Nota (1)

Astryanti Ramadhani