dis1

ABSTRAK

            Tujuan penelitian adalah merancang ulang identitas visual Kelompok Pecinta Bacaan Anak (KPBA) sehingga visi organisasi ini dapat tersampaikan dengan efektif pada setiap media yang digunakan. Penulis menggunakan strategi kreatif  agar pesan tersampaikan pada target audien. Walaupun KPBA memfokuskan diri dalam memajukan minat baca anak, perancangan visual ditujukan pada orang dewasa yang peduli dan ingin berkontribusi di dalamnya. Hal ini muncul sebagai tantangan dimana penulis diharuskan untuk mampu menggambarkan organisasi yang melayani anak-anak namun tidak terlihat keanak-anakan. Dengan identitas visual yang baru, visi, misi, dan potensi KPBA dapat berjalan beriringan sehingga mampu bersanding dengan partner kerjanya baik di dalam dan luar negeri.

Penjelasan Singkat

       Untuk dapat merancang identitas visual KPBA, tidak bisa dipungkiri logo yang lama tidak dapat diabaikan begitu saja mengingat sudah 30 tahun digunakan. Segala kerja keras dan brand value yang terbentuk selama 30 tahun melekat kuat pada logo lama, maka penulis menyimpulkan poin penting yang merupakan karakteristik utama pada logo KPBA yang lama agar dipertahankan. Hal utama yang harus dipertahankan adalah logo yang ilustratif. Logo terdiri dari 3 figur utama sama seperti logo lama, yaitu buku, anak laki-laki dan perempuan. Karakteristik tersebut kemudian akan dipadukan dengan tone & manner melalui proses kreatif.