Tugas Akhir : PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL MERCOLADE
ABSTRACT
The purpose of this research was to re-design the visual identity of Mercolade The to
introduce the attractiveness of brand identiy with a good and consistent visual. The
design method of this research include using creative strategy, while having middleupper
consumer as the main target. The design impression used are modern and
clean with visualy attractive. In re-designing the visual identity of Mercolade the
research was taken by field research interview. by redesigning the visual identity,
hopefully Mercolade able to improve the system and application consistently. With
the new visual identity, the Mercolade image will stronger. By knowing the problem
we have to use the visual communication approach to re-design visual identity to be
more widely known.
Keywords : visual identity, redesign brand, Mercolade, chocolate
ABSTRAK
Tujuan penelitian adalah merancang ulang identitas Mercolade menjadi merek yang
sesuai dengan jati dirinya sehingga diperoleh visual yang lebih baik dan konsisten.
Metode perancangan menggunakan strategi kreatif, yang memiliki target sasaran
utama konsumen menengah atas. Kesan desain yang digunakan adalah modern dan
clean dengan visual yang menarik dan kuat. Dalam perancangan ulang identitas visual
Mercolade dilakukan penelitian survey lapangan dengan melakukan wawancara.
Perancangan ulang identitas visual ini diharapkan Mercolade mampu memperbaiki
sistem pengaplikasian secara konsisten. Dengan identitas visual baru ini citra
Mercolade menjadi lebih kuat. Dari permasalahan yang ada, diperlukan pendekatan
komunikasi visual untuk perancangan ulang identitas visual Mercolade agar lebih
dikenal masyarakat luas.
Kata kunci : identitas visual, perancangan ulang merek, Mercolade, cokelat
Mercolade merupakan cokelat yang memiliki berbagai variasi warna dan rasa
dengan kualitas dan mutu kakao yang berkualitas. PT. Mercolade berdiri pada
tahun 2008 bergerak di bidang industry pengolahan bahan baku Industry Bakery.
Perusahaan ini didirikan oleh Bapak Edi. Perusahaan ini memproduksi cokelat
dari perusahaan cokelat bubuk yang kemudian diolah menjadi cokelat batangan.
Produksi yang dilakukan oleh perusahaan berada di daerah Tangerang,
Komplek Industri Tri State, Desa Sukadamai. Untuk pemasaran dan keuangan
operasional perusahaan berada di kantor pusat Kelapa Gading, Jakarta Utara.
Dalam perancangan ulang identitas visual logogram divisualkan buah kakao
dan dapat dibaca huruf “M” yang merupakan inisial dari MERCOLADE dengan
gestalt closure. Penggunaan visual dengan buah kakao untuk menunjukkan asal
cokelat yang di produksi ini berasal. Warna yang digunakan maroon yang
merupakan proses pematangan dari buah kakao. Elemen grafis yang digunakan
adalah buah kakao yang dibentuk seperti bunga.
Kesan yang ingin disampaikan adalah modern dan clean dengan visual yang
kuat dan menarik .Warna yang digunakan adalah warna yang soft dan natural,
serta warna elegan yang menenangkan. Shape dan Vector yang simple, elegan
agar memberikan kesan modern. Untuk pemilihan typeface, digunakan jenis
yang simple, natural dan typeface yang digunakan cenderung lebih
menggunakan font sans serif.
Comments :