Tugas Akhir : PERANCANGAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL KEMASAN SIGNORA PASTA

ABSTRACT

The research goal was to designing packaging of Signora Pasta so that it could bring a better visual from the packaging it self. Design method used creative strategies, having teens as the new and major target. The design of the packaging is adapted with the visual strategies and the packaging desain adapted by the style of vector without line like a detailed cartoon but As representation of pasta and pizza restaurant from Italy. All applied to to the packaging design of pasta and pizza which was in accordance with the priciples of design. Design results show a new impression which more new and eyecatching , but still cozy and friendly.

Keywords : packaging, re-design packaging, packaging visual, Signora Pasta

ABSTRAK

Tujuan Penelitian adalah merancang kemasan Signora Pasta sehingga mampu memberikan visual yang lebih menarik dari segi kemasan dan penampilan. Metode perancangan menggunakan strategi kreatif, yang menyasar remaja mapan sebagai sasaran pasar yang baru dan utama. Perancangan kemasan disesuaikan dengan strategi visual dan desain kemasan yang mengadaptasi gaya visual vector tanpa garis seperti sebuah kartun detail, sebagai representasi rumah makan pasta dan pizza khas Itali. Semuanya diaplikasikan ke dalam kemasan pasta dan pizza sesuai dengan prinsip desin. Hasil perancangan ulang kemasan pasta dan pizza memberikan kesan baru yang sesuai dengan nilai, visi dan misi dari kepribadian dengan kemasan yang lebih baru dan lebih mencolok, namun tetap terkesan nyaman dan bersahabat.

Kata Kunci : kemasan, visual kemasan, Signora Pasta

Penjelasan Karya:

Kemasan Signora Pasta yang saya buat didasarkan dari kartun makanan yang detail dengan media vektor tanpa garis, namun dengan bentuknya yang detail saya membuat beberapa variasi yang bisa dicampur dengan garis dan bentuk yang sedikit abstrak yang mencerminkan bentuk yang mencolok dan warna yang mencolok juga dengan tujuan menarik minat remaja maupun masyarakat luas. Pada kemasan Signora Pasta ini selain membuat ilustrasi dengan kartun vektor yang detail, saya juga menggunakan warna yang menjelaskan kalau produk ini merupakan asli ciptaan orang Italia atau merupakan makanan yang berasal dari itali. Saya menggunakan banyak warna hijau putih dan merah, selain merupakan warna yang kontras juga merupakan bendera dari itali itu sendiri. Selain menarik minat pencinta Pasta dan Pizza, dengan menggunakan kemasan yang menarik ini saya juga berusaha untuk menarik minat tidak hanya remaja, tetapi semua kalangan masyarakat untuk mencoba makanan Itali.

 

Gary Glint Susilo