Tugas Akhir : PERANCANGAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL BUKU “A TASTE OF BALI”

mockup

ABSTRACT

The purpose of this research is that to design a publication book of Balinese culinary so that Indonesian people know about traditional Balinese culinary. Design metode applied in this research is creative strategy which is targeting youngster to adults as the new and main target market. The design is adapted to visual photography strategy and design that adopt modern style and traditional touches so that readers can easily get information and looks interestingat the same time. (IBA)

Keyfact: Culinary, Bali, Unique, Tradisional

ABSTRAK

Tujuan penelitian adalah merancang publikasi buku kuliner Bali sehingga kuliner tradisional Bali dapat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Metode perancangan menggunakan strategi kreatif, yang menyasar usia muda hingga dewasa sebagai sasaran pasar yang baru dan utama. Perancangan disesuaikan dengan strategi visual fotografi dan desain yang mengadaptasi gaya modern dan sentuhan tradisional agar pembaca dapat menerima informasi dengan mudah dan terlihat menarik di saat yang sama . (IBA)

Kata Kunci: Kuliner, Bali, Khas, Tradisional

PENJELASAN KARYA

Buku ini merupakan sebuah buku yang berisikan sejarah singkat dan resep dari kuliner khas tradisional Bali. Alasan penulis mengangkat tema kuliner khas tradisional Bali adalah dikarenakan jarangnya buku yang mengangkat kuliner khas Bali. Apabila kita bepergian ke took-toko buku hanya ada sekitar satu sampai dua buku yang mengangkat tema khusus kuliner Bali, buku yang sudah ada pun masih terkesan kurang menarik secara visual. Selain itu masyarakat Indonesia sendiri terutama Jakarta masih banyak yang kurang tahu atau bahkan tidak tahu sama sekali apa saja kuliner khas tradisional Bali. Oleh karena itu penulis pun tertarik untuk membuat buku kuliner khas Bali, melalui pendekatan desain komunikasi visual yang lebih modern dan menarik kemudian menggunakan fotografi sebagai visual utama dapat memberikan kesan stand out dibanding buku-buku kuliner lain yang sudah ada sehingga diharapkan dapat menarik minat masyarakat untuk lebih mengetahui kuliner khas Bali melalui buku ini.

Ida Bagus Andra