Tugas Akhir : PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL PUBLIKASI PEWARNA ALAMI PADA BATIK

ABSTRAK

Tujuan penelitian adalah untuk membuat publikasi sebuah buku mengenai pewarna alami pada batik dan bahan alaminya dengan desain paper quilling sehingga baik konten dan visual bisa tersampaikan dengan baik  Metode perancangan yang digunakan adalah menganalisa data, studi, bentuk desain, dan target market dengan narasumber yang terpercaya di bidangnya, juga dari internet dan buku referensi. Analisis yang didapat menunjukkan bahwa di Indonesia belum adanya publikasi buku mengenai pewarna alami dengan desain paper quilling. Hasil yang ingin didapat adalah diharapkan buku ini dapat menarik perhatian, memberi pengetahuan dan visual secara maksimal dan bisa memberikan pandangan yang berbeda bagi masyarakat Indonesia akan pewarna alami

Kata Kunci: Alam, Segar, Ceria, Edukatif

Deskripsi Proyek

Data Umum Proyek publikasi

Nama Proyek              : Colour Garden

Pemilik Proyek            : Adrian Nugroho

Pengarang                   : Adrian Nugroho

Ukuran            Proyek            : 17 x 21 cm

Jumlah Halaman          : 82 halaman

Gambaran Proyek

Warna adalah suatu elemen yang sangat penting dalam industri bahan tekstil, karena warna dapat memberi kesan dan secara psikologis dapat memberikan kesenangan apabila warna itu merupakan warna pilihan.

Proyek ini merupakan sebuah perancangan publikasi buku mengenai pewarna alami pada batik. Di buku ini utamanya menjelaskan bahan-bahan alami yaitu tumbuhan apa saja yang bisa digunakan untuk menghasilakn warna alami berikut deskripsinya. Paper Quilling digunakan sebagai visual utama dalam buku ini agar bisa lebih menarik minat masyarakat, khususnya anak muda untuk membaca dan mendapat  informasi lebih tentang warna dan bahan alami dan juga untuk referensi visual.

Bentuk Paper quilling dibuat simpel dan menyerupai tumbuhan asli agar informasi visual bisa tetap tersampaikan dengan baik namun tetap menarik untuk dilihat.

Jumlah Informasi yang dipertahankan seminim mungkin agar lebih nyaman dibaca bagi kalangan muda namun tetap memuat fakta-fakta penting.

adrian1

Gambar 1. Contoh Cover Buku

adrian2

Gambar 2. Contoh Halaman 1

adrian3

Gambar 3. Contoh Halaman 2

Adrian Nugroho