SIDANG TUGAS AKHIR, GENAP 2014/2015 DKV New Media

Sidang Tugas Akhir dilaksanakan disetiap penghujung semester delapan baik di semester Genap maupun semester Ganjil. Pada sidang tugas akhir kali ini diikuti total peserta 158 mahasiswa dengan variasi pilihan topik yang diangkat. Sejauh ini topik publikasi (78 orang) selalu menjadi primadona pilihan untuk digarap mahasiswa tugas akhir, diikuti topic desain identitas visual (46 orang), kemasan (10 orang), kampanye & promosi (16 orang), web design & digital interactive design (8 orang).

Penyelenggaraan sidang tugas akhir ini dibagi menjadi empat kloter sidang, menimbang setiap kloter mahasiswa membutuhkan waktu khusus untuk menyusun display dan membongkar karya mereka pada panel yang telah disediakan jurusan. Untuk semester genap ini penyelenggaraan diselenggarakan sebelum dan sesudah libur hari raya Idul Fitri sehingga memperpanjang rentang penyelenggaraan sidang tugas akhir.

Dari total 156 orang mahasiswa peserta sidang tugas akhir, 46 orang mahasiswa mendapatkan nilai A yang nantinya berhak untuk mengikuti pameran tahunan Fresh n Brite 2015. Secara umum penyelenggaraan TA kali ini terbilang baik dan lancar, tentunya keberhasilan ini didukung komitmen rekan-rekan dosen penguji yang rela menyempatkan waktunya disela kesibukan dan menjalani ibadah puasa ramadhan. Ada beberapa karya mahasiswa yang terbilang cukup inovatif dalam topik dan media yang dipilih sehingga layak untuk ditawarkan kepada industri untuk dikomersilkan.

Setiap tahun jurusan DKV New Media selalu memberikan apreasiasi the best workbook award dalam bentuk hadiah graphic tablet bagi mahasiswa yang telah mendokumetasikan proses kreatif secara baik selama satu semester dalam workbook. Penyelenggaraan sidang Tugas Akhir walaupun terbilang lancar namun ke depannya masih perlu dievaluasi beberapa poin seperti struktur penulisan dan proses bimbingan untuk hasil yang lebih baik lagi. Sampai berjumpa di penyelenggaraan sidang TA berikutnya.

SIDANG TUGAS AKHIR 2015

Lintang Widyokusumo