Penerapan Keharmonisan Lingkaran Warna dalam Berbusana (Part 2)

Bagian kedua dari artikel Penerapan Keharmonisan Lingkaran Warna dalam Berbusana (Part 1)

Kombinasi warna berikut ini merupakan kombinasi warna yang sangat menarik, menggunakan perpaduan lebih dari 2 warna. Terapannya dalam desain grafis tentulah sangat menarik dan membantu agar pesan-pesan yang disampaikan oleh desainer mudah dipahami oleh audience. Namun dalam dunia fashion, dibutuhkan trik khusus dalam hal tersebut. Penggunaan warna yang berlebihan bisa merusak keseluruhan penampilan seseorang. Dengan demikian dibutuhkan aksesoris penunjang untuk menetralisir tabrakan warna yang diciptakan sehingga terlihat harmonis dan indah secara estetika

3. Kombinasi Warna Triadic

Pemilihan warna dalam color wheel menggunakan jarak yang sama dan menerapkannya dalam busana akan menghasilkan campuran warna warni yang berani dan terang. Akan tetapi warna triadic juga bisa merusak penampilan secara keseluruhan jika porsi penempatan warna yang dilakukan terlalu berlebihan. Seperti yang di singgung sebelumnya, dalam permainan warna busana, untuk mendapatkan warna yang lebih dinamis diperlukan kombinasi warna yang dipadankan dengan tints, tone dan shades.

Screen Shot 2015-08-27 at 4.04.51 PM

4. Kombinasi Warna Split Komplementer

Dengan menggunakan satu warna utama dan 2 warna sekunder yang berseberangan dengannya, sehingga membentuk bentuk huruf Y. Untuk mengkomposisikan kombinasi warna split komplementer, kita harus memilih satu warna yang akan dijadikan warna dominasi dan dua lainnya sebagi aksen. Bisa menggunakan baju atasan, bawahan, tas maupun aksesoris sebagai warna utamanya.

Screen Shot 2015-08-27 at 4.04.54 PM

5. Kombinasi Warna Tetradic

Seringkali dihindari kebanyakan orang dikarenakan warna yang digunakan walaupun terlihat harmonis di dalam lingkaran warna, akan tetapi keempat warna yang ditampilkan sangat menarik perhatian dan cenderung dihindari. Biasanya hanya digunakan untuk keperluan pemotretan majalah fashion ataupun pagelaran busana oleh para perancang. Tidak semua orang berani menggunakan warna yang terang terlebih warna yang digunakan langsung 4 sekaligus. Warna tetradic adalah kombinasi 2 warna komplementer. Jika tetap ingin menggunakan warna tetradic, disiasati dengan menyeimbangkan komposisi busana dan aksesoris sehingga tidak terlihat berlebihan.

Screen Shot 2015-08-27 at 4.04.58 PM
Sumber Gambar : www.polyvore.com
Meilani