WARNA DALAM PERTUMBUHAN MANUSIA

Warna-warna yang kita lihat banyak mendapat pengaruh dari apa yang kita rasa. Di mulai pada saat kita masih bayi, di mana mata kita pertama kali melihat warna, kita mulai mempunyai formula perasaan tentang warna-warna yang bervariasi, dan dibawa terus sampai kita dewasa. Beberapa ahli percaya bahwa manusia mempunyai “ancient wisdom” di mana melalui ion-ion dari sejarah evolusi, kembali ke waktu awal, kita mempunyai kumpulan kenangan: space, form, pattern, & colors

Bayi, sejak usia 2 bulan memilih produk yang tidak berwarna. Dalam pertumbuhannya anak kecil sangat menyukai warna, lebih tertarik pada warna dibandingkan bentuk. Sesuai dengan perkembangan anak menjadi dewasa, umumnya bentuk akan menjadi dominan, walaupun banyak para orang kreatif yang hidupnya didominasi oleh warna.

Bayi sering kali tertarik oleh hitam dan putih, karena hitam/putih terlihat sangat kontras sebelum mereka melihat warna. Sesuai dengan otak bayi yang belum berkembang penuh sejak lahir, warna adalah penting sesuai dengan pendorong untuk meningkatkan perkembangan otaknya.

Dari hasil penelitian, warna merah dan biru adalah warna yang paling banyak dipilih oleh anak-anak. Merah, warna yang cepat ditangkap oleh syaraf otak, yang mungkin menjelaskan mengapa bayi begitu tertarik warna. Sesuai pertumbuhannya yang semakin dewasa, kebiasaan atau mengenal pola dan melakukan apa yang orang dewasa katakan merupakan warna yang cocok dengan yang mereka pikirkan.

Kenangan akan masa kecil juga berbaur dengan warna, di mana mereka melekat kuat pada diri kita selamanya. Barangkali kita tidak menyadari bahwa kita mengingat pengelompokan warna-warna dengan kejadian-kejadian khusus, tapi memori dalam kepala kita tidak pernah tertutup dan terus merespon warna-warna khusus tadi dalam cara positif dan negatif.

Untuk kalangan muda dan remaja, menggunakan warna-warna yang sedang trend atau “in” sangatlah penting, karena dapat memberikan status dan dikenali lingkungannya. Pada usia ini, kesenangan adalah semangat. Dan warna merupakan cara yang baik untuk menjadi “terlihat” – cara yang lebih baik untuk menarik perhatian dan membuat pernyataan dibandingkan dengan rambut warna hijau-kuning. Grup usia ini merupakan pembawa trend yang paling cepat, membuat para perancang dan industri lebih perhatian terhadap masa depan warna.

03-warna-dalam-petumbuhan-manusia